14 Program Prioritas, Jurus Demokrat Kerek Elektabilitas – VIVA

0
6

VIVA – Partai Demokrat memformulasikan politik rel ganda agar sukses pada Pilpres dan Pileg 2019. Salah satu jurus sukses Partai Demokrat untuk mengerek elektabilitas yakni dengan menelurkan 14 program prioritas. 

Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memaparkan 14 program prioritas yang harus disosialisasikan oleh caleg Partai Demokrat. Kunjungannya ke Bali menjadi bagian dari road show-nya ke seluruh pelosok negeri.

“Saya keliling Indonesia memastikan bahwa mesin partai bekerja dengan benar,” kata AHY saat bertemu ratusan kader Partai Demokrat di Hotel Inna Heritage di Jalan Veteran, Denpasar, Jumat 15 Maret 2019. 

Dengan elektabilitas yang tinggi ditandai dengan keterwakilan Partai Demokrat di DPR RI, AHY memastikan Partai Demokrat akan berkontribusi besar bagi pembangunan bangsa. “Kita harus memastikan jika Partai Demokrat mesti mengambil peran besar dalam pemerintahan mendatang dan pembangunan nasional 2019-2024,” jelas dia.

Partai Demokrat, kata AHY, didirikan untuk menghadirkan solusi terbaik untuk membantu persoalan kerakyatan. Menurutnya, 14 program prioritas Partai Demokrat tidak datang dari langit, melainkan hasil penyerapan aspirasi masyarakat di seluruh Tanah Air. Dua tahun lamanya AHY berkeliling Indonesia, jadilah 14 rekomendasi itu.

Pertama, ciptakan lebih banyak lapangan kerja, termasuk untuk milenial dan perempuan, serta batasi tenaga kerja asing. Kedua, kelola keuangan dan tingkatkan pelayanan BPJS, dengan mengutamakan golongan kurang mampu. Ketiga, berikan subsidi listrik untuk golongan kurang mampu dan sediakan secara cukup BBM premium.

“Keempat, Pertahankan subsidi pupuk untuk petani,” kata AHY. Kelima, setop impor pangan ketika musim panen. Keenam, tingkatkan gaji pegawai, termasuk guru, TNI, Polri dan pensiunan agar memiliki daya beli yang baik. Ketujuh, longgarkan pajak termasuk dunia usaha agar bisa tumbuh baik dan tingkatkan upah buruh.

Kedelapan, bantu dan lindungi UMKM, termasuk pedagang kecil dan angkutan kota. Kesembilan, angkat secara bertahap guru dan pegawai honorer dan tingkatkan kesejahteraan perangkat desa. Ke-10, kontrol dan batasi utang pemerintah dan BUMN agar tak membebani anak cucu.

Ke-11, lanjutkan pembangunan infrastruktur, termasuk infrastruktur pedesaan, sesuai kemampuan keuangan negara. Ke-12, berikan perlindungan hukum kepada rakyat secara adil dan jamin kebebasan berbicara, termasuk kebebasan pers.

Ke-13, jaga kebhinekaan dan kerukunan antar-identitas (SARA) dan cegah perpecahan bangsa. Terakhir, lanjutkan dan tingkatkan program pro rakyat SBY seperti BOS, Bidik Misi, PBJS, Bantuan Lansia, Disabilitas serta Bencana, PKH, Raskin, BLT/BLSM, KUR, PNPM dan lain-lain untuk kurangi kemiskinan dan kesenjangan sosial.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id