Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

VIVA – Kunci untuk mendapatkan hari Senin yang penuh semangat terletak pada bagaimana kita memanfaatkan akhir pekan. Kebiasaan ini rupanya juga dianut pebisnis sukses seperti bos Microsoft Bill Gates, dan CEO Amazon, Jeff Bezos.

Dalam buku My Morning Routine, penulis Benjamin Spall telah mewawancarai 300 orang selama lima tahun. Ia mengambil tips dari mereka bagaimana agar terwujud Senin yang produktif. 

Melansir laman thriveglobal, Sabtu, 6 Juli 2019, meski para konglomerat seperti Kepala Eksekutif Apple, Tim Cook, dan pengusaha Amerika, Mark Cuban, memiliki sumber daya finansial yang melimpah, mereka tak asal memanfaatkan momen weekend untuk berfoya-foya. Namun lebih memilih untuk mengalokasikan waktu dan tenaganya pada hal prioritas. 

Lantas, apa yang mereka lakukan? Strategi berikut ini bisa dicontoh siapa saja. 

1. Prioritaskan apa yang menjadi sumber energimu
Spall menulis bahwa ada banyak cara untuk me-recharge energi di akhir pekan tanpa melibatkan naik pesawat. Misalnya sarapan pagi di hari Sabtu yang santai hingga meringkuk di sofa dengan buku bagus. Meluangkan waktu untuk sesi meditasi juga menjadi pilihan. 

Jeff Bezos, Amazon

Jeff Bezos

Seperti contoh, Gates suka menikmati Sabtu dengan santai, di antaranya bermain bridge, menyaksikan putrinya menunggang kuda, mencuci piring saat malam hari. 

Sementara itu, filantropi Richard Branson bercerita pada Telegraph bahwa ia lebih suka menghabiskan hari Minggunya untuk melakukan hal fisik, di antaranya mendayung, naik perahu balap, dan lompat batu. 

Menghabiskan waktu sendirian juga dapat memberi energi. Orang sukses cenderung menggunakan setidaknya akhir pekan untuk merenungkan apa yang penting bagi mereka. Studi dari Universitas Harvard menemukan bahwa orang-orang yang menghabiskan waktu 15 menit untuk melakukan refleksi pada akhir pekan memiliki tingkat kinerja yang lebih tinggi dibanding lainnya yang tak melakukan hal serupa. 

Akhir pekan juga menjadi waktu yang tepat untuk memprioritaskan hubungan dengan kesayangan. 

2. Selesaikan tugas
Umumnya sebagian waktu di hari Sabtu dan Minggu akan dilewatkan untuk mengerjakan tugas rumahan seperti mencuci baju atau beres-beres rumah. Sebenarnya tak masalah. 

CEO Apple, Tim Cook.

CEO Apple, Tim Cook

Namun Spall justru lebih menyarankan untuk memprioritaskan menyelesaikan pekerjaan rumah tangga saat weekday. Jadi saat weekend tinggal santai saja. 

3. Buat rencana untuk minggu depan
Setidaknya sediakan waktu 10 menit pada hari Minggu untuk menyusun strategi dan agenda satu pekan ke depan. Luangkan masa memeriksa kalender dan jadwal sehingga pada Senin pagi, kamu bisa melenggang ke kantor dengan perasaan percaya diri dan siap.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -