4 Cara Atasi Ponsel Lemot Jadi Lincah Lagi

Ilustrasi aplikasi di ponsel.

VIVA – Vendor smartphone saat ini rutin merilis perangkat baru, kelasnya pun berbeda, mulai dari yang premium sampai yang murah. Tapi mungkin masih ada saja orang yang enggan mengganti ponsel, atau malah tidak tergiur sama sekali dengan ponsel model terbaru. 

Akibat sudah digunakan lama, ponsel itu menjadi lemot atau lambat saat digunakan. Tapi tidak perlu cemas, dikutip dari laman Mirror, Sabtu, 24 Agustus 2019, ada beberapa trik untuk mengatasinya tanpa perlu mengeluarkan kocek berlebih.

Hapus cache
Cache adalah sistem penyimpanan di smartphone yang menyimpan data perangkat dari penggunaan sebelumnya. Nah jika cache penuh, perangkat harus memindai memori. Hal itu lah yang membuat ponsel lemot karena perangkat perlu waktu lama untuk memindai. 

Cara menghapus cache di perangkat iPhone adalah dengan buka pengaturan, safari kemudian pilih opsi bersihkan riwayat dan data situs web, lalu pilih bersihkan riwayat dan data. Untuk Android masuk ke pengaturan, kemudian penyimpanan, lalu aplikasi lainnya, pilih aplikasi dan klik hapus cache. 

Kelola aplikasi
Menghapus aplikasi yang tidak digunakan akan membantu meringankan memori, dan pada akhirnya dapat meningkatkan daya pemrosesan ponsel.

Ada baiknya untuk menghapus aplikasi dan mengunduhnya saat dibutuhkan. Alasannya jika terdapat pembaruan, versi sebelumnya tidak dihapus. Jika menumpuk maka ruang memori akan diambil banyak oleh aplikasi. 

Pembaruan sistem operasi
Nah, cara berikutnya adalah untuk selalu menggunakan sistem operasi terbaru agar perangkat tidak berjalan lambat. Jika kamu menggunakan yang paling terbaru, maka pengalaman berselancar akan meningkat. 

Aplikasi untuk meningkatkan kinerja
Mengunduh aplikasi task manager misalnya, dapat membantu mengendalikan aplikasi mana yang diaktifkan, sebagai bagian dari proses boot up setiap kali kamu menghidupkan ponsel.

Ganti baterai
Ada juga kemungkinan baterai sudah tidak bisa bekerja secara mumpuni. Baterai merupakan bagian dari cara telepon beroperasi. Oleh sebab itu, baterai yang sudah lama harus diganti agar kinerja ponsel menjadi efisien.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts