Ada-ada Saja Ilmuwan, Kasih Nama Batu Planet Mars Pakai Nama Band

Ilustrasi robot penjelajah InSight mendapat di Planet Mars

VIVA – Badan Penerbangan dan Pesawat Antariksa (NASA) baru-baru ini memberi nama sebuah batu dari Planet Mars dengan nama band Rolling Stones. Nama ini diumumkan oleh Robert Downey pada Kamis, 22 Agustus saat mereka manggung di Rose Bowl, California.

Dikutip dari situs Space, Sabtu, 24 Agustus 2019, penamaan itu diungkapkan setelah sebelumnya dirahasiakan pada sebuah video yang diunggah Downey pada postingan Twitter-nya. Batu ini memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari bola golf.

Rolling Stones Rock ditemukan oleh inSight Mars Landerhas saat melakukan pendaratan pada 26 November 2019. Dalam sebuah pernyataan, NASA mengatakan, “Rolling Stones Rock jadi batu yang memiliki lemparan terjauh saat kami mendaratkan pesawat ruang angkasa di Mars,” jelasnya.

Nama baru ini sifatnya masih belum formal, karena belum mendapat persetujuan dari International Astronomical Union. Tapi Rolling Stones Rock akan hadir di peta Mars yang digunakan ilmuwan.

“Saya telah melihat banyak batu di Mars sepanjang karier. Tapi yang satu ini mungkin tidak banyak ditemukan di makalah ilmiah, itu lah mengapa batu ini mungkin akan menjadi keren,” kata anggota tim InSight, Matt Golombek.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts