Akunnya Sempat ‘Non-Aktif’, Andre Rosiade Datangi Kantor Instagram

VIVA – Politikus Partai Gerindra yang juga juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, geram karena akunnya, @andre_rosiade, sempat dinonaktifkan oleh pihak Instagram sejak dua hari lalu.

Dia menduga, itu terjadi gara-gara akunnya kerap menjadi media untuk mengkritik proses dan tahapan Pilpres 2019 yang tengah bersengketa di Mahkamah Konstitusi. 

“Instagram kan sama dengan Facebook, menjadi salah satu media untuk menyatakan pendapat dan berekspresi. Ini kenapa akun Instagram saya tiba-tiba dinonaktifkan tanpa kejelasan,” kata Andre saat mendatangi Kantor Instagram di Gedung Capital Place Jakarta, Jumat 14 Juni 2019

Andre bersama tim kuasa hukumnya mendatangi Gedung Capital Place, di mana Facebook dan Instagram berkantor di Indonesia. Dia ingin melaporkan penonaktifan akunnya.

“Ya kita ingin bermusyawarah, apa sih salah saya misal dalam posting-an saya, ini kan harus jelas. Jangan sampai berekspresi di media sosial juga dipersulit, sedangkan saya kan mem-posting kritikan yang sesuai data dan fakta di lapangan. Jika menyatakan kritikan saja dihambat, bahaya ini untuk demokrasi,” ujarnya.

Namun saat ingin bertemu dengan pihak Instagram, Andre bersama tim kuasa hukum mendapatkan jawaban bahwa kantor Facebook dan Instagram hanya dijaga seorang petugas keamanan atau security. Tidak lama berselang, akun Instagram-nya aktif kembali, setelah sebelumnya melakukan banding melalui online.

“Saya hanya dikasih kartu nama yang berisikan alamat pengaduan Facebook secara online. Yang herannya Instagram saya bisa aktif kembali belum lama ini, padahal pengaduan banding via online dari kemarin tak ditanggapi pihak Instagram,” ujar Andre. (ren)
 

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts