Amazon, Facebook dan Google Ancaman Besar, Mau ‘Dihancurkan’ – VIVA

CEO Facebook Mark Zuckerberg.

VIVA – Calon Presiden Amerika Serikat, Elizabeth Warren, dalam kampanyenya mengkritik keberadaan Amazon, Google, dan Facebook, karena ketiganya menjadi penguasa ekonomi. Ia berencana ‘menghancurkan’ ketiganya, jika terpilih menjadi presiden.

Dikutip dari situs TechCrunch, Minggu 10 Maret 2019, Warren mengatakan, kekuatan dari ketiga perusahaan itu merupakan ancaman besar dan harus menjadi perhatian pemerintah.

“Mereka menggunakan data pribadi kita, untuk mencari untung dan menghalalkan segala cara untuk melawan kompetitor. Dalam prosesnya, mereka telah merusak bisnis perusahaan kecil dan menghambat inovasi,” kata Warren.

Ia juga berencana, meloloskan undang-undang untuk perusahaan yang memiliki pendapatan tahunannya di atas US$25 miliar.

Salah satunya, mengenai standar penggunaan yang adil dan tidak mendiskriminasi penggunanya. Kemudian, platform juga akan dibatasi dalam hal berbagi data untuk pihak ketiga.

Sementara itu, perusahaan yang pendapatannya di bawah US$25 miliar per tahun, diharuskan mematuhi standar penggunaan yang adil.

Bagi perusahaan yang tidak mematuhi aturan, Warren memberi hak kepada Kejaksaan Agung AS untuk bertindak. Yaitu, dengan mendenda perusahaan sebanyak lima persen dari pendapatan tahunan.

“Mereka bertiga akan berada di bawah undang-undang. Amazon dan Google, harus memecah bisnis dan memisahkan antara bisnis dasar dengan iklan dan marketplace,” ujarnya. (asp)

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts