Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

VIVA – Planet Mars menarik perhatian ilmuwan dan astronom. Makanya beragam misi eksplorasi dikirimkan ke planet tetangga bumi tersebut.  Hal menarik lainnya yang mengundang rasa penasaran peneliti adalah suara lingkungan Mars saat matahari terbit.

Badan Antariksa Amerika Serikat mengirimkan robot penjelajah Opportunity ke Planet Merah itu. Opportunity mendarat dan mengeksplorasi daratan Mars sejak 2014. 

Opportunity merekam dinamika di permukaan, termasuk bagaimana matahari terbit di Mars. Nah menariknya ilmuwan Anglia Ruskin University Inggris menggambarkan, bagaimana nuansa dan suara matahari terbit di Planet Mars. 


Dikutip dari Phys.org, Sabtu 10 November 2018, berbekal foto Opportunity, ilmuwan universitas itu menciptakan soundtrack matahari terbit di Mars. Untuk menciptakan musik latar belakang matahari terbit itu, ilmuwan menggunakan teknik sonifikasi data. 

Ilmuwan menggunakan algoritma untuk memadukan bagaimana soundtrack tersebut bisa bagus. Algoritma ini menyesuaikan dengan rekaman matahari terbit. 

“Kami benar-benar senang menyajikan karya ini bagaimana menariknya Planet Mars ini,” ujar Director of the Sound and Game Engineering (SAGE), Domenico Vicinanza. 

SAGE merupakan salah satu tim studi dari Anglia Ruskin University.

Vicinanza menuturkan, sonifikasi gambar merupakan teknik yang sangat fleksibel untuk mengeksplorasi sains dan dapat dipakai untuk memelajari karakteristik permukaan planet dan atmosfer. Sonifikasi ini bisa dipakai menganalisis perubahan cuaca atau mendeteksi letusan gunung berapi. (ren)

  

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -