Bahaya Maut Abrin yang Hendak Dipakai Teroris Bom Rumah Ibadah

Bahaya Maut Abrin yang Hendak Dipakai Teroris Bom Rumah Ibadah

Jakarta
Temuan baru didapatkan polisi saat menangkap terduga teroris di Cirebon yaitu bahan utama racun maut bernama abrin yang menurut polisi hendak dijadikan bom. Bom racun itu disebut akan dipakai teroris untuk meledakkan rumah ibadah.

Terduga teroris berinisial YF yang ditangkap pada Senin (14/10) adalah Ketua JAD Cirebon. Dia merupakan warga Desa Panembahan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Dalam penangkapan itu, polisi mendapatkan temuan yang tidak biasa. Polisi mengaku ada bom berdaya ledak tinggi dengan bahan kimia yang sudah disiapkan.

“Temuan menarik pada hari ini bahwa untuk bom-bom yang sudah disiapkan untuk digunakan oleh pengantin ini memiliki daya ledak tinggi atau high explosive, campuran kimia lebih berbahaya,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (15/10/2019).

Dedi menjelaskan JAD Cirebon menggunakan bahan dasar zat kimia methanol, pupuk urea, hingga racun abrin. Kini, Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri sedang menyelidiki dari mana racun tersebut didapat.

“Kalau ini menggunakan berbagai bahan, methanol, urea, dan lain-lain. Itu explosive semua. Ditambah racun abrin dengan kurang 0,7 microgram. Racun ini membunuh 100 orang. Masih didalami Labfor Polri didapat dari mana,” jelas Dedi.

Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts