Begini Trik Rayi RAN Lakukan Diet Plastik

Kelompok musik RAN

Rayi selalu membawa kantong belanja sendiri demi kurangi penggunaan kantong plastik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Rayi Putra Rahardjo atau lebih dikenal dengan Rayi RAN menerapkan hidup ramah lingkungan dalam keluarganya. Salah satu yang diterapkan dengan melakukan diet penggunaan kemasan plastik.

“Kalau mengurangi kantong plastik kayak susah dan ribet, padahal enggak ribet dan enggak sulit,” ujar Rayi.

Menerapkan hidup diet kemasan plastik bagi Rayi dan keluarganya tidak terlalu sulit. Hal itu perlu dipandang mudah dan bisa dilakukan meski dia mengaku sering pula kecolongan ketika berpergian.

Sebisa mungkin, Rayi selalu membawa kantong yang bisa menggantikan plastik ketika berbelanja. Ketika lupa membawa, sering kali dia memilih untuk menggunakan kardus yang disediakan tempat berbelanja ketimbang menggunakan kantong plastik.

Sedangkan untuk minum, ketika berpergian ayah satu anak ini membawa tempat minum sendiri. Ketika tidak membawa tempat minum dan berada di tempat makan, dia memilih untuk meminta air hangat yang berada di gelas ketimbang membeli air kemasan.

“Akali untuk tidak diberi air botol dengan pesan air hangat. Biasanya dikasih dalam gelas dan tidak apa-apa kalau itu mau dihitung buat bayar juga,” ujar vokalis grup musik RAN ini.

Cara-cara itu menurut Rayi merupakan langkah mudah yang bisa diterapkan siapa saja ketika ingin mengurangi sampah plastik. Langkah kecil yang dilakukan bisa memberikan dampak untuk lingkungan daripada berdiam diri dan berharap langsung memberikan dampak besar.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

Related Posts