Blockchain Bikin Bisnis Model Berubah

Blockchain.

VIVA – Revolusi industri 4.0 seringkali dikaitkan dengan teknologi Blockchain dan kecerdasan buatan atau AI. Blockchain masih awam ditelinga. Teknologi ini memiliki konsep database yang sifatnya trusted atau terpercaya karena disimpan di beberapa tempat yang disebut dengan miner atau block producer. Blockchain membuat bisnis model berubah.

Beberapa contoh disrupsi sejak adanya teknologi ini adalah pengiriman uang secara peer-to-peer atau tanpa melalui middleman, penggunaan untuk e-voting, pencatatan kepemilikan saham yang mencapai ratusan, bisa diterapkan untuk hotel dan apartemen. 

Vexanium.com merupakan perusahaan Blockchain terbesar di Indonesia. Perusahaan ini sedang mengadakan kompetisi Decentralized Apps (Dapps) untuk pengembang lokal maupun dunia. Ajang ini bisa membantu pengembang untuk memahami potensi dan manfaat Dapps dan membangun aplikasi yang bisa memberi dampak positif. 

Dalam keterangan resmi yang diterima VIVA, Rabu 17 Juli 2019, pengembang yang ingin mempelajari potensi dan cara membuat Dapps, bisa melalui platform Vexanium. Sedangkan untuk kompetisi keterangan lengkapnya bisa dilihat di vexanium.com/d app-competition.

Vexanium.com juga menyiapkan total hadiah sebesar Rp1 juta untuk enam orang pemenang dan 300.000 Vex special prize untuk tiga pemenang. Dapps diklaim menjadi tren bagi pengembang dunia untuk berlomba-lomba dalam membuat aplikasi. 

Perusahaan telah memberikan beberapa kategori ide yang bisa dieksekusi pengembang. Pertama value transfer, transfer uang secara cepat dan aman. Kedua untuk industri yang membutuhkan database dan melibatkan banyak pemangku kepentingan, seperti pelabuhan dan supplai chain

Ketiga untuk pembelian properti melalui token. Kemudian membuat database yang bisa diakses banyak pemangku kepentingan, seperti sektor publik. Lalu untuk industri teknologi, misalnya mengumpulkan data user. Terakhir adalah kategori silo data sharing, seperti rekaman data medis dan akta tanah. 

Tren ini sudah populer sejak 2017, membuat programmer Blockchain memiliki gaji yang menggiurkan. Startup Blockchain juga sudah dikenal menjadi sebuah solusi bagi pendiri melakukan disrupsi incumbent. 

Hal ini harus dilakukan agar konsumen mengetahui struktur perusahaan, pasar yang disasar, serta adanya bisnis model yang berbeda. Blockchain diklaim memiliki tiga nilai, ialah value transfer, smart contract dan record keeping

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts