BPN soal Aksi Kivlan Zen Geruduk KPU: Itu Hak, Silakan Saja

BPN soal Aksi Kivlan Zen Geruduk KPU: Itu Hak, Silakan Saja




Jakarta
Gabungan Elemen Rakyat untuk Keadilan & Kebenaran (GERAK) yang diinisiasi Kivlan Zen akan menggelar aksi unjuk rasa di KPU serta Bawaslu. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mengaku tidak mengetahui rencana aksi tersebut.

“Ora ngerti aku, baru tahu sekarang,” kata Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (8/5/2019).

Djoko menyebut tak bisa melarang Kivlan menggelar demonstrasi. Dia menyebut bahwa kegiatan tersebut dijamin oleh undang-undang (UU).


“Ya kalau mau, itu (demonstrasi), hak menyatakan pandangan politik silakan saja. Pasal 28 menyatakan UUD bahwa berserikat, berkumpul, menyatakan pendapat lisan maupun tulisan itu hak setiap warga negara ya,” jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, GERAK, yang diinisiasi Kivlan Zen akan menggelar demonstrasi di KPU dan Bawaslu besok. Mereka ingin pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin didiskualifikasi dari Pilpres 2019.

“Pak Kivlan menyatakan kepada saya bahwa berbarengan aksinya. Jadi ada yang ke KPU dan Bawaslu,” kata pengacara Kivlan, Eggi Sudjana, saat dihubungi, Rabu (8/5).

Eggi mengatakan sebelum bergerak ke KPU dan Bawaslu, massa akan berkumpul di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, sekitar pukul 13.00 WIB. Saat ditanya jumlah massa yang akan ikut, Eggi mengatakan pihaknya tak punya target.

“Kita hanya mengimbau aja siapa yang mau ikut silakan. Nggak ada target-target,” tuturnya.

(zak/rvk)




Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts