Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Pinrang –

Pesawat jenis ultralight rakitan Chaerul dari Pinrang, menarik perhatian banyak orang termasuk para kepala daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel). Bupati Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Syamsuddin Hamid siap membayar berapa pun harga pesawat rakitan Chaerul yang dijuluki ‘Habibie’ dari Pinrang.

“Kalau Chaerul mau jual berapa pun harganya akan saya beli,” Syamsuddin kepada wartawan, Sabtu (18/1/2020).

Syamsuddin mengaku penasaran dengan sosok Chaerul yang video terbang dengan pesawat rakitannya jadi viral di media sosial. Chaerul yang belajar merakit pesawat ultralight secara otodidak ini diketahui tak tamat SD.

“Inilah perlunya kita menggenjot peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat kita. Nah SDM itu seperti Chaerul, di mana tak menamatkan pendidikan di sekolah dasar namun mampu berinovasi dengan membuat pesawat rakitan dan bisa diterbangkannya,” tutur Syamsuddin.

Sementara itu, Chaerul mengaku senang dikunjungi Bupati Pangkep. Namun tawaran bupati yang berniat membeli pesawat rakitannya ditolak secara halus.

“Pesawat ini penuh kenangan, tidak dijual, namun kalau pak Bupati mau saya akan buatkan yang lebih bagus,” janji dia.

Kabar pesawat rakitan ini juga sampai ke KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna. KSAU mengundang Chaerul bertemu di Cilangkap, Jakarta.

Chaerul sebelumnya sudah dua kali melakukan uji coba pesawat rakitannya, namun tak berhasil. Chaerul akhirnya mengutak-atik komponen hingga pesawat rakitannya bisa terbang.

Pesawat rakitan ultralight ini terbuat dari barang bekas, seperti roda dari gerobak pengangkut pasir, sayap dari parasut bekas. Sedangkan mesin pesawat menggunakan mesin motor Kawasaki Ninja RR 150 cc.

Berkat keberhasilannya menerbangkan pesawat rakitannya, tetangga maupun warga di Pinrang pun ikut bangga.

“Habibie kedua ternyata telah lahir di Kabupaten Pinrang,” kata warga bernama Idamang.

(fdn/fdn)

Artikel ini telah tayang di detikNews

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -