Daftar Calon Menteri Milenial Jokowi, Siapa Menurut Kamu yang Cocok?

VIVA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) beberapa kali menyatakan ingin mengisi kursi beberapa menteri dari kaum milenial atau generasi muda.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu akan memakai kemampuan menteri di rentang usia 20 sampai pertengahan 30 tahun.

Sejumlah nama muncul ke publik. Lantas, siapa menurut kamu yang cocok? Berikut daftar nama menteri milenial Jokowi yang dikutip dari VIVAnews, Jumat, 23 Agustus 2019:

Nadiem Makarim

Pria bernama lengkap Nadiem Anwar Makarim ini adalah pendiri Gojek, perusahaan aplikasi penyedia berbagai layanan seperti transportasi roda dua dan roda empat.

Ia lahir di Singapura, 4 Juli 1984, putra dari pasangan Nono Anwar Makarim dan Atika Algadri.

Ayahnya adalah seorang aktivis dan pengacara terkemuka yang berketurunan Minang-Arab, ibunya merupakan penulis lepas dan putri dari Hamid Algadri, salah seorang perintis kemerdekaan Indonesia.

Nadiem menjalani proses pendidikan dasar hingga menengah atas berpindah-pindah dari Jakarta ke Singapura.

Setelah menyelesaikan pendidikan SMA di Singapura, pada 2002, ia mengambil jurusan Hubungan Internasional di Brown University, Amerika Serikat.

Setelah memperoleh gelar sarjana pada 2006, tiga tahun kemudian Nadiem mengambil pascasarjana dan meraih gelar Master of Business Administration di Harvard Business School.

Tsamara Amany Alatas

Politikus muda yang begitu populer saat ini. Tidak hanya di dunia maya, di dunia nyata Tsamara begitu dikenal di kalangan milenial.

Lahir di Jakarta, 24 Juni 1996 dari pasangan pengusaha pertambangan Muhammad Abdurachman Alatas dan Nabila Zain Muhammad.

Tsamara merupakan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Semasa Pilpres 2019, ia menjadi salah satu juru bicara calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Perempuan cantik ini lulusan S-1 bidang Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina, Jakarta.

Andhika Hazrumy

Pria berusia 33 tahun itu mengapresiasi jika namanya masuk ke dalam calon menteri mantan wali kota Solo itu.

Meski namanya masuk dalam bursa menteri milenial Jokowi, Andhika mengaku hal tersebut tak mengganggu kerjanya. Ia kini fokus bekerja sebagai wagub Banten bersama Gubernur Banten, Wahidin Halim.

Wakil Gubernur Banten periode 2017-2022 itu lahir di Bandung, Jawa Barat, 16 Desember 1985. Andhika memiliki pengalaman di parlemen, tepatnya periode 2014-2019.

Andhika terpilih sebagai anggota DPR dari Daerah Pemilihan Banten I dan kemudian duduk di Komisi III-DPR.

Namun, per 24 Oktober 2016, ia mundur dari posisi anggota DPR untuk maju sebagai cawagub dalam Pilkada Banten 2017.

Adamas Belva Syah Devara

Ia merupakan Pendiri dan Kepala Eksekutif Ruangguru. Saat ini usianya 28 tahun, atau tepatnya lahir pada 30 Mei 1990.

Ruangguru yang didirikan Belva bersama Iman Usman adalah sebuah perusahaan rintisan (startup) penyedia layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi di Indonesia yang memudahkan siswa SD, SMP, dan SMA untuk belajar secara online.

Belva berhasil menerima beasiswa penuh dari LPDP (Lembaga Pengelola dana Pendidikan). Ia mengambil jurusan Kebijakan Publik di Harvard University dan Bisnis Manajemen di Stanford University.

Tak hanya itu, Belva juga terdaftar silang (cross-registered) pada fakultas lain dalam Harvard University, termasuk Harvard Medical School, Harvard Law School, dan Harvard Graduate School of Education.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts