Dear Penulis, NovelMe Bantu Kamu Dapat Penghasilan Tambahan

Aplikasi NovelMe

VIVA – Membaca novel secara digital kini dihadirkan pula lewat platform bernama NovelMe. Aplikasi NovelMe sudah bisa diunduh lewat Google Play.

Project Manager NovelMe, Aji Pribadi mengaku jika perkembangan aplikasi NovelMe meningkat pesat dalam kurun waktu setahun. Telah ada ratusan ribu pembaca dari berbagai novel dan juga genre.

Pada awalnya, Novelme merupakan platform gratis. Pembaca memberikan bintang pada karya favoritnya sehingga bisa menduduki peringkat teratas dan memenangkan sejumlah hadiah.

“Namun pada 19 Juli 2019 platform fiksi online ini tidak dapat menunda keputusan untuk mengunci novel-novel favorit.  Pembaca diminta untuk membeli koin untuk dapat membuka bab-bab berbayar, senilai minimal Rp100 untuk setiap bab,” ujar dia dalam keterangan yang diterima oleh Viva, Senin, 16 September 2019.

Soal ini tim editor Novelme mengatakan ada banyak hal di balik layar sebelum novel bisa ada di tangan pembaca. Setiap tahun hanya ada kurang dari 10 persen naskah yang diterbitkan dan dicetak.

Apalagi dengan permintaan cetakan buku menurun, membuat cetakan pertama novel hanya dicetak sekitar 2000 hingga 3000 eksemplar. Dari sana penulis hanya mendapatkan royalti 10 persen saja itupun tidak dibayarkan semuanya di muka.

Proses penulisan juga memakan waktu yang panjang hingga satu tahun dan jarang penulis yang mendapatkan penghasilan bulanan. Dengan platform NovelMe, menjadi bentuk dukungan pembaca kepada penulisnya secara langsung.

NovelMe sendiri mengeluarkan sejumlah program untuk membantu penghasilan para penulisnya. Mulai dari kompetisi menulis dan program tunjangan bulanan sebesar Rp400 ribu bagi penulis yang konsisten menulis selama 30 hari.

Termasuk bab berbayar untuk memberikan penghasilan tambahan kepada penulis. Pembaca bisa melakukannya dengan membuka halaman Saya pada aplikasi dan menekan kata koin untuk top up.

“Setelah memilih nominal koin pembaca akan disuguhkan metode pilihan pembayaran, selanjutnya pembaca dapat menyelesaikan proses top up dengan mengikuti langkah-langkah sesuai dengan metode pembayaran yang mereka pilih,” jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts