Demo Boleh Saja Asal Kondusif

Demo Boleh Saja Asal Kondusif

Makassar
Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) Irjen Mas Guntur Laupe menyebut tak ada larangan demonstrasi menjelang 20 Oktober. Asalkan demonstrasi berlangsung aman.

“Hal ini (unjuk rasa) tidak dilarang, boleh-boleh saja dilaksanakan tetapi sesuai dengan prosedur yang ada. Yang penting niat mereka melaksanakan (baik), berapa jumlahnya, tujuannya ke mana kita akan fasilitasi dan tentunya di sini kita mengharapkan benar-benar kondusif dalam melaksanakan kegiatan tersebut,” kata Irjen Laupe di Mapolda Sulsel, Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Selasa (15/10/2019).

Namun Irjen Laupe tetap berharap tidak ada demonstrasi jelang pelantikan presiden-wapres pada 20 Oktober.



“Tapi tentunya harapan saya adalah supaya tidak ada penyampaian pendapat dalam siklus pelantikan presiden,” sebut dia.

Pagi tadi pihak Polda Sulsel menyatakan larangan demonstrasi. Polda Sulsel tidak akan memproses surat pemberitahuan demonstrasi dengan alasan memastikan wilayah aman.

Namun belakangan kritik muncul terhadap Polda Sulsel dari BEM kampus di Makassar. Protes salah satunya dinyatakan BEM Universitas Negeri Makassar (UNM).

“Sebagai negara hukum yang demokratis dan berasaskan Pancasila serta UUD 1945, seharusnya tidak ada pelarangan dalam penyampaian aspirasi,” kata Ketua BEM UNM, M Aqsa.

(fdn/fdn)

Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts