Developer Properti Bidik Hunian Rumah di atas Mal

Memiliki rumah sendiri adalah idaman tiap orang.

Sky home membidik segmen pasar menengah atas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA– Belakangan rumah di atas awan atau hunian yang dibangun di atas mal (sky home) mulai ‘ngetrend’ di Jakarta dan sejumlah wilayah penyangga, seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Sebelumnya, rumah di atas Mal Thamrin City dan Kelapa Gading Square sempat viral menjadi perbincangan publik.   

Pengamat properti Panangian Simangungkalit mengatakan saat ini para pengembang yang menawarkan hunian jenis tersebut. Umumnya, mereka membidik segmen pasar menengah atas, dengan rata-rata harga jual di atas Rp 5 miliar.

“Selain mewah, jumlah unit yang ditawarkan biasanya juga terbatas,” ujarnya kepada Republika.co.id di Jakarta, Selasa (15/10).

Sementara Head of Marketing AKR Land Anggun Melati menambahkan hunian sky home jumlahnya terbuat dari material berkualitas mewah seperti marmer pada lantai, saniter, kitchen cabinet, wardrobe dan lain-lain.  Dia mengakui, konsep Sky Home memang mirip dengan properti sejenis yang dikembangkan dua developer tersebut.

Sky Home telah dibangun sejak 2013 lalu bersamaan dengan Gallery West Residence, di area yang sama seluas 2,1 hektar. Gallery West Gallery West(Dokumentasi AKR Land) Bedanya, Sky Home merupakan town house rasa apartemen, sementara Gallery West Residence berkonsep murni apartemen konvensional.

Head of Design AKR Land Huzaifa Tri Utami menambahkan Sky Home merupakan apartemen rasa rumah, atau rumah rasa apartemen yang dibuat senyaman mungkin.

“Rumah jenis ini cocok bagi mereka yang ingin tinggal di apartemen, namun dengan bangunan yang lebih luas serta denah dan penataan ruang mirip rumah tapak. Ada ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dapur, kamar mandi, serta service area,” kata Tri.

Pada setiap unit, terdapat garasi pribadi yang didedikasikan untuk kendaraan pemilik, teras untuk bercengkerama, serta front yard untuk anak-anak bermain.

“Selain itu, seluruh 14 unit Sky Home menghadap kolam renang dan club house yang bisa digunakan bersama,” imbuh Tri.

Selain Sky Home, AKR Land juga menawarkan Garden Home sebanyak 12 unit. Harga town house ini dipatok lebih murah untuk mengakomodasi kebutuhan investor yang tidak dapat mengakses Sky Home. Tipe terkecil berdimensi 80 meter persegi hingga 120 meter persegi dalam bangunan satu dan dua lantai, dengan harga mulai dari Rp 3 miliar. Sementara tipe terluas berukuran 174 meter persegi dalam bangunan dua lantai, dengan banderol harga Rp 6 miliar.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

Related Posts