Game Illuminati Ini Jadi Kontroversi, Dilabeli Sesat

Gim illuminati, We Are Illuminati – Conspiracy Simulator Clicker

VIVA – Publik Tanah Air belakangan sedang hangat membicarakan isu illuminati atau mata Dajjal pada Masjid Al Safar, Bandung, Jawa Barat yang dirancang Ridwan Kamil. Suara publik terbelah, ada yang mendukung karya pria yang akrab disapa Kang Emil itu namun ada pula yang mendukung kritikan dari ustaz Rahmat Baequni.

Ustaz tersebut mempersoalkan desain Masjid Al Safar lantaran dianggap mirip simbol illuminati atau Dajjal, yaitu segitiga dan mata satu.

Illuminati ternyata hadir pusat aplikasi Google Play dan App Store. Pada dua pusat aplikasi itu, ada gim illuminati yang populer yakni We Are Illuminati – Conspiracy Simulator Clicker. 

Gim ini merupakan karya pengembang Tapps Games dari Brasil. Game play-nya gim ini cukup sederhana. Pengguna cukup mengetuk layar smartphone untuk menjalankan misi dan meraih poin sebanyak-banyaknya. Makin banyak poin, maka pengguna bisa makin mendapatkan banyak fitur. 

Menariknya, narasi yang diusung dalam gim ini yakni benar-benar ingin menularkan nilai illuminati. Beberapa fitur gim ini menyajikan simulasi pengguna menjadi seorang yang menguasai dunia. 

Untuk menjadi penguasa dunia, langkah yang disajikan dalam gim ini, yakni menguasai korporasi besar, menyebarkan berita palsu di media, menyusupkan informan dalam pemerintahan negara, mencuci otak pemikiran melalui internet, sampai bergabung dalam komunitas rahasia. Sesuai dengan narasi gerakan illuminati. 

Menariknya, menurut ulasan dari Edamame Reviews, meski gim We Are Illuminati – Conspiracy Simulator Clicker menyebarkan nilai illuminati, namun gim ini tak ada afiliasi langsung dengan gerakan yang ingin menguasai dan mengambil alih tatanan dunia tersebut. 

“Tapps Games Team mencoba menjelaskan kebenaran ini melalui gim yang terlihat tak punya ikatan atau koneksi langsung ke illuminati,” tulis laman ulasan gim tersebut dikutip Selasa 11 Juni 2019. 

Soal kualitas permainan, Edamame Reviews menilai gim We Are Illuminati – Conspiracy Simulator Clicker, terbilang sebagai gim yang biasa saja. Dari namanya yang panjang saja sudah tidak membuat orang tertarik. 

“Dengan nama yang panjang banget di App Store dan Google Play, gim ini terlihat cukup normal,” tulis laman tersebut. 

Game play gim ini, menurut Edamame Reviews, mirip dengan cara bermain gim Dungeon Inc dan AdVenture Communist. 

Dari ulasan pengguna di Google Play, banyak pro kontra dengan gim ini. Sebagian pengulas menilai gim ini bisa meracuni keyakinan atau akidah seseorang, sedangkan yang lainnya merasa masa bodoh dan menikmati gim yang asyik ini karena bisa menyita waktu. 

“Game ini mengajarkan bagaimana cara illuminati bekerja, jadi diambil pelajarannya bukan malah menghina game. #gamers bukan illuminati,” tulis pengulas dengan nama Aldonicko Septian. 

Sedangkan pengulas yang kontra menilai gim ini membawa nilai yang merusak akidah. 

“Ini adalah cara mereka untuk menyesatkan kita. Kalian semua yang muslim pasti tahu ini sangat tidak baik. Tapi kenapa? masih ada aja dari kalian yang mendownload aplikasi seperti ini,” tulis akun bernama NOTHING_. 

Pengulas lainnya menilai gim ini tidak sesuai nilai agama sehingga tak layak untuk mendapat apresiasi. 

“Game ini sangat tidak mendidik dan juga berkaitan dengan Dajjal. Bintang satu pun tidak pantas menurut saya. Tapi juga jangan ada yang pakai kata kasar di komen. Karena ada anak-anak yang belum mengerti. Setelah komen, saya akan segera melaporkan game ini,” tulis salah satu pengulas.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts