Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Jakarta
Kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menimbulkan sejumlah masalah. Dari mulai masalah kualitas udara yang memburuk hingga beberapa jadwal penerbangan yang tertunda.

Sebagaimana diketahui, hari ini Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendeteksi ada 27 titik api di Riau. Titik api ini membuat kualitas udara di Riau menjadi tidak sehat.

“Beberapa titik api yang dipadamkan pada hari kemarin antara lain di Kerumutan Kabupaten Pelalawan dan akan dilanjutkan pemadaman pada hari ini. Kualitas udara berdasar pengukuran PM 10 pada pukul 07.00 sd 10.00 WIB berada pada kisaran 182 sampai dengan 201 ugram/m3 atau tidak sehat,” kata Plt Kapusdatinmas BNPB Agus Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/9/2019).



Selain itu, kualitas udara di wilayah terdampak karhutla lainnya juga bisa dipantau melalui Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Dinas Lingkungan Hidup (KLHK). Datanya ditampilkan secara real time di laman resmi KLHK.

KLHK memakai parameter PM 10 untuk mengukur kualitas udara ini. Merujuk pada data per pukul 15.00 WIB, Minggu (15/9/2019), Palangka Raya berada pada angka 500 alias berbahaya.

Sedangkan kota Jambi pada pukul 15.00 WIB berada di angka 131 atau masuk dalam kondisi tidak sehat. Sementara untuk Pekanbaru, kualitas udara pada pukul 15.00 WIB, berada di angka 189 atau kategori tidak sehat.

Tak hanya berdampak pada kualitas udara yang memburuk, pekatnya asap karhutla ini juga menyebabkan sejumlah penerbangan pesawat tertunda. Salah satunya, ialah yang dialami oleh Lion Air Group.

Artikel ini telah tayang di detikNews

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -