Gempa Bumi 5,1 M Guncang di Minahasa Sulut

Gempa 5,6 SR Guncang Lombok, Tak Berpotensi Tsunami




Jakarta
Gempa bumi bermagnitudo 5,1 mengguncang Minahasa, Sulawesi Utara. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika melalui akun @InfoBMKG menginformasikan gempa tersebut terjadi sekitar pukul 02.25 WIB, Senin (8/4/2019). Pusat gempa berada di laut.

“Wilayah laut di sebelah barat daya Kabupaten Minahasa diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan M 5,3. yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M 5,1,” sebut BMKG.

Koordinat gempa berada di 1,01 Lintang Utara dan 123,19 Bujur Timur. Titik gempa berada pada jarak 14 km arah Barat Laut Boroko-Bolaang Mongondow Utara-Sulawesi Utara di kedalaman 47 km. Gunjangan gempa tersebut dirasakan di Bonebolango dengan skala IV MMI dan Gorontalo dengan skala III-IV MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock) hingga pukul 03.45 WIB. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dibertanqqunqiawabkan kebenarannya.

(ibh/nvl)




Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts