Guru Besar Kami Masyarakat Jatim

0
23 views
Guru Besar Kami Masyarakat Jatim




Surabaya
Gubernur Jawa Timur Soekarwo alias Pakdhe Karwo berterima kasih kepada masyarakat Jawa Timur. Selama memimpin, dia mengaku banyak belajar dari masyarakat.

“Saya (mengucapkan) terima kasih kepada masyarakat Jawa Timur. Sebetulnya guru besar kami adalah masyarakat Jawa Timur,” kata Pakdhe Karwo saat berpamitan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (11/2/2019).

Menurut Pakdhe Karwo, masyarakat Jatim sangat pluralis dan menghargai perbedaan. Selain itu, mereka terbuka terhadap pengetahuan dan informasi baru, tapi tetap menjaga kultur yang ada.


“Masyarakat Jatim yang pluralis, orang Jawa Timur yang open minded, masyarakat Jawa Timur yang meletakkan silaturahmi, musyawarah, mufakat menjadi bagian solusi. Itu guru besar kita adalah masyarakat,” ucap Pakdhe Karwo.

Learning kita di situ, maka kemudian melahirkan konsep-konsep partisipatoris, konsep mengajak sama, kemudian merumuskan kebijakan,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk penggantinya kelak, Pakdhe Karwo menilai Gubernur terpilih Khofifah Indar Parawansa telah masuk dalam lingkaran kultur Jatim. Pakdhe Karwo menganggap Khofifah cukup memahami bagaimana suara masyarakat.

“Saya kira beliau sudah masuk dalam lingkaran kultural Jawa Timur, masuk dalam lingkaran proses-proses bagaimana sebetulnya mendengar suara yang tidak terdengar, silent majority yang tidak terdengar. Beliau sudah masuk semua di situ,” ujarnya.

Seperti diketahui, masa jabatan Pakdhe Karwo akan habis pada Rabu (11/2/2019). Nantinya, jabatan ini akan diisi Gubernur terpilih Khofifah Indar Parawansa dan wakilnya, Emil Elestianto Dardak.

(hil/mae)


Artikel ini telah tayang di detikNews

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here