Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Warisan pemikiran Habibie di bidang teknologi semestinya bisa dilanjutkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kepergian Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie, meninggalkan banyak kesan mendalam bagi masyarakat Indonesia. Betapa tidak, sejak era 1980-an, Habibie mulai mengenalkan konsep ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) kepada masyarakat Indonesia yang saat itu masih kental dengan ke-agrarisannya.

“Modernisasi Indonesia juga melalui kiprah dan pemikirannya,” ujar ekonom senior Didik J Rachbini, Rabu (11/9).

Habibie, ujar Didik, juga memiliki peran sentral dalam mengantarkan Indonesia di masa peralihan Orde Baru menuju Reformasi yang demokratis. Dalam masa kepemimpinannya yang singkat, Habibie banyak melahirkan kebijakan yang mendorong arah demokratisasi politik, desentralisasi, Bank Indonesia yang independen, pemberantasan korupsi, dan kebijakan lain yang imbas positifnya terasa hingga saat ini.

“Boleh dikatakan Habibie adalah Bapak Demokrasi Indonesia,” kata Didik.

Selain itu, Didik juga menilai warisan pemikiran dan usaha Habibie dalam bidang teknologi semestinya bisa dilanjutkan untuk memperkuat Indonesia dalam bidang teknologi. Misalnya, warisan PT PAL dalam bidang perkapalan, Pindad dalam bidang persenjataan, IPTN atau PTDI dalam bidang kedirgantaraan.

“Semestinya itu semua masuk dalam kerangka UU pembangunan teknologi nasional dan kekuatan militer. Agar Indonesia tidak diremehkan oleh dunia internasional. Ini yang diabaikan selama ini,” kata Didik.

Habibie juga dikenal sebagai otak di balik pendirian Harian Republika sebagai koran yang fokus pada isu politik dan sosial yang religius dan agamis.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id/

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -