Huawei Jaga Momentum untuk Jadi Nomor Satu Dunia

0
4
Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng

VIVA – Huawei saat ini berada di posisi kedua global dalam pasar smartphone pangsa pasar 19 persen dan berhasil mencapai peningkatan penjualan hingga 50 persen. Pencapaian itu tak memuaskan perusahaan asal China tersebut. Huawei kini mengincar posisi pertama dengan terus meningkatkan penjualan di tengah penurunan pasar smartphone global. 

“Secara global, kerja keras kami telah menunjukkan hasil yang memuaskan. Tapi kami ingin berambisi, secara global tren penjualan kami naik dan singkatnya kami bisa nomor satu,” tutur Deputy Country Director Huawei Device Indonesia, Lo Khing Seng saat buka puasa bersama media di Jakarta, Kamis malam 16 Mei 2019. 

Khing Seng mengatakan, rahasia kesuksesan Huawei adalah investasi yang konsisten dan masif di bidang riset dan pengembangan dengan menginvestasikan lebih dari 10 persen pendapatan setiap tahunnya. 

Pencapaian ini telah menempatkan Huawei dalam 5 besar investasi R&D global. Huawei Consumer Business Group berkomitmen untuk menciptakan nilai melalui inovasi tanpa henti, yang ujung-ujungnya memberikan benefit bagi pelanggan. 

Terbukti Huawei telah mencapai terobosan dalam hal kinerja perangkat smartphone yang diciptakan, terutama di sektor fotografi, mengutilisasi kecerdasan buatan (AI) yang makin memudahkan pengguna, serta kemampuan komunikasi melalui pengembangan jaringan 5G, dan desain yang tampil beda. 

Berkat inovasi ini, smartphone andalan Huawei, termasuk Huawei P20 Series dan Huawei Mate 20 Series, telah memimpin pertumbuhan keseluruhan portofolio smartphone Huawei pada 2018. Huawei Mate 20 Series memimpin inovasi industri di berbagai bidang, termasuk AI, performa, masa pakai baterai, pengisian daya, fungsi kamera, dan penampilan. Pengiriman global Huawei Mate 20 Series melebihi 5 juta unit hanya dalam waktu dua bulan peluncuran. 

Huawei P20 Series membawa fotografi ponsel pintar ke tingkat yang sama sekali baru. Pada akhir 2018, total pengiriman Huawei P20 Pro telah melampaui 16 juta unit, menetapkan rekor penjualan baru untuk smartphone andalan Huawei

Tahun 2019, Huawei lebih menggebrak lagi dengan kehadiran Huawei P30 Series. Huawei telah menetapkan kembali standar untuk fotografi mobile melalui peluncuran smartphone Huawei P30 Series yang mendapat pujian dari berbagai pihak di dunia. Teknologi sistem kameranya yang canggih telah menempatkan Huawei P30 Pro di puncak daftar website benchmarking DxOMark. 

Huawei P30 Pro diperkuat kamera utama 40 MP yang dilengkapi Huawei SuperSpectrum Sensor, lensa ultra-wide angle 20 MP, lensa telefoto 8 MP yang diperkuat lensa SuperZoom dan sebuah kamera Huawei ToF.

Jaga momentum

Khing Seng mengatakan, untuk mempercepat ambisi menjadi vendor smartphone nomor satu dunia, petinggi Huawei telah memerintahkan Huawei di seluruh dunia untuk makin mendekatkan dengan pelanggan. Caranya, yakni makin memperbanyak brandshop Huawei Experience Shop. Huawei juga ingin meningkatkan beberapa tokonya menjadi Huawei High End Experience Shop.   

Saat ini Huawei Indonesia baru membuka satu High End Experience Shop di Taman Anggrek, Jakarta. Rencananya akan membuka toko serupa di Surabaya. 

“Presiden kami menyuruh membuka brand shop. Terutama untuk flagship store supaya konsumen bisa touch feel dan experience untuk mengetahui kelebihan produk kami,” ujarnya. 

Strategi lainnya, Huawei ingin peluncuran produk mereka di Indonesia makin sesingkat mungkin dengan peluncuran global mereka. Siasat ini menurut Khing Seng, cukup jitu menarik menaikkan citra Huawei, 

“Kami akan bawa produk ini makin bertepatan dengan global launch. Kalau makin lama, makin kehilangan momentum,” ujarnya. 

Huawei sudah membuktikan dengan peluncuran global Huawei P30 yang dilakukan di Paris, Perancis pada akhir Maret dan pertengahan April, konsumen Indonesia sudah bisa membeli produk tersebut.

Selain itu, Huawei mengatakan bakal meningkatkan kualitas layanan kepada mitra diler dan channel, supaya menyokong pemasaran produk mereka. “Marketing communication kami tingkatkan dengan kampanye kami,” kata dia. (mus)

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id