Itu Sikap Profesional Beliau – VIVA

0
395 views
Itu Sikap Profesional Beliau – VIVA

VIVA – Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra resmi menjadi kuasa hukum pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Yusril siap pasang badan membela kliennya untuk Pemilihan Presiden 2019.

Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Partai Bulan Bintang (PBB), Sukmo Harsono, menanggapi keputusan Yusril menjadi kuasa hukum Jokowi-Ma’ruf. Yusril merupakan Ketua Umum PBB.

Menurut Sukmo, dalam beberapa kali pertemuan dan pembicaraan bersama elite petinggi PBB, Yusril memang membenarkan tentang adanya permintaan secara profesional menjadi pengacara Jokowi-Ma’ruf.


“Beberapa kali dalam pembicaraan kami dengan sekjen, juga waketum bersama Pak Yusril, memang beliau bercerita tentang adanya permintaan untuk secara profesional menjadi lawyer dari Pak Jokowi dan Kiai Ma’ruf Amin,” kata Sukmo saat dihubungi VIVA, Senin, 5 November 2018.

Dijelaskan Sukmo, dalam pembicaraan juga dibahas tentang pengalaman Yusril saat Pilpres 2014 jadi pengacara Prabowo-Hatta.

“Jika sore ini beliau sudah mengambil keputusan, saya kira itu adalah sikap profesional beliau,” ucapnya.

Sukmo mengaku sudah mencoba menghubungi Yusril, tapi belum bisa tersambung. Ia menekankan sikap PBB saat ini masih netral.

“Saya coba hubungi beliau belum tersambung, namun Insya Allah benar adanya. Terkait sikap PBB sampai saat ini masih netral, dan akan difinalkan pada rakornas akhir bulan November ini,” tuturnya.

Sebelumnya, Yusril mengakui menerima tawaran untuk menjadi kuasa hukum Jokowi-Ma’ruf karena setelah berkomunikasi dengan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan nomor urut 01 itu, Erick Tohir.

“Maka saya katakan pada Pak Erick, setelah cukup lama hal ini didiskusikan dengan saya, akhirnya saya memutuskan untuk setuju dan menjadi lawyer-nya kedua beliau itu,” jelas Yusril, dalam keterangannya, Selasa, 5 November 2018.

Yusril menyebut menjadi lawyer pasangan patahana ini tanpa bayaran alias gratis. Yusril mengaku tidak masalah. Pada Pilpres 2014 lalu juga ia diminta pihak Prabowo untuk menjadi ahli di gugatan Mahkamah Konstitusi. Ia jalani, dan juga gratis.

Yusril berharap, keputusannya ini benar-benar bisa memberi sumbangsih nyata untuk pemilu yang benar-benar fair. (ase)

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here