Jemaah Masjid Al Markaz di Makassar Salat Gaib untuk BJ Habibie

Jemaah Masjid Al Markaz di Makassar Salat Gaib untuk BJ Habibie

Makassar
Ribuan jemaah menggelar salat gaib di Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar. Para jemaah ikut berdoa atas wafatnya mantan Presiden RI ke-3 Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Prosesi salat gaib berjamaah ini dipimpin imam Masjid Al Markaz Ustaz Moammar Bakri,di Makassar, Jumat (13/9/2019). Salat gaib dilaksanakan usai ibadah salat Jumat.

Ketua Yayasan Masjid Al Markaz Al Islami Prof Dr Basri Hasanuddin, mengatakan pelaksanaan salat gaib untuk mengirim doa pada Almarhum BJ Habibie. Dia menilai BJ Habibie merupakan sosok yang berjasa memajukan bangsa dan umat Islam di Indonesia.

“Salat gaib ini untuk penghormatan atas jasa-jasanya memakmurkan bangsa dan memperkokoh umat Islam dengan mendirikan ICMI, yang fokus memajukan kualitas iman, takwa, kerja, karya, kualitas hidup umat Islam di Indonesia,” kata mantan Menko Kesra era Presiden Abdurrahman Wahid ini.
Basri juga mengenang BJ Habibie sebagai sosok pemimpin yang berupaya mengejar ketertinggalan teknologi Indonesia dari bangsa lain. Salah satu buktinya adalah keberhasilannya mendirikan industri pesawat terbang dan menciptakan pesawat N250 yang mengangkat martabat bangsa Indonesia di dunia internasional.

“Saat almarhum menjadi Menristek, banyak mengirim anak muda ke luar negeri, khususnya belajar kedirgantaraan, mengapa beliau fokus ke industri pesawat, Pak Habibie mengakui bahwa semua unsur teknologi ada di teknologi pesawat terbang,” tutur mantan Rektor Unhas ini.

Selain di Masjid Al Markaz, beberapa masjid dan sekolah di Sulawesi Selatan juga menggelar salat gaib dan doa bersama untuk putra kelahiran Parepare, 83 tahun silam ini. Almarhum juga dikenang warga Kota Parepare, dengan keberadaan patung Monumen Cinta Habibie-Ainun di alun-alun kota lapangan Andi Makassau.

(mna/fdu)

Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts