Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...




Jakarta
Setelah ramai pernyataan soal ada timses yang menyiapkan propaganda ala Rusia, kini giliran Jokowi yang dikait-kaitkan dengan konsultan asing.

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mengaitkan Jokowi dengan konsultan AS, Stanley Greenberg.

“Kami mendapatkan informasi. Apakah ini benar? Kami tunggu klarifikasi Pak Jokowi,” kata Andre kepada wartawan, Selasa (5/2/2019).


Andre mengirimkan alamat situs lembaga konsultan politik AS, The Political Strategist. Website itu mengulas sedikit biografi Stanley yang diketahui merupakan ahli strategi politik yang merupakan mitra pendiri di Greenberg Quinlan Rosner Research (GQR), sebuah perusahaan riset dan kampanye politik yang bermarkas di Washington D.C dan berafiliasi dengan Partai Demokrat.

“Pak Jokowi menuduh pihak kami memakai konsultan asing dan kami sudah membantahnya. Pak Jokowi mengaku tak pakai konsultan asing. Kami menemukan ada data, bahwa Pak Jokowi kliennya,” kata Andre.

Politikus Gerindra ini menyatakan pihaknya tak ingin melakukan membuat tuduhan. Andre meminta Jokowi mengklarifikasi soal hal ini.

“Kami tidak ingin melakukan tuduhan. Supaya tidak berkembang, tidak jadi fitnah,” imbuh Andre.

TKN Jokowi-Ma’ruf Amin menegaskan paslon nomor urut 01 itu tidak menggunakan konsultan asing dalam Pilpres 2019.

“Saya mengikuti dua periode Pak Jokowi nyalon, 2014 dan 2019 ini ya. Saya tidak pernah mendengar atau melihat ada konsultan asing yang menjadi konsultan Pak Jokowi,” ujar Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma’ruf, Abdul Kadir Karding kepada wartawan.

Karding meminta pihak Prabowo-Sandiaga mengecek benar-benar informasi soal hal ini. Ia meragukan validnya data mengenai Stanley sebagai konsultan Jokowi.

“Perlu dicek berita yang menyampaikan itu, jangan-jangan juga hoax. Jangan-jangan editan. Oleh karena itu dibuat untuk sekedar mengaburkan isu soal konsultan Rusia yang dipakai Prabowo, jadi untuk semacam mengalihkan isu,” tutur Karding.

Jokowi sebelumnya mengatakan perpolitikan di Indonesia banyak dipenuhi fitnah dan hoax. Persoalan itu muncul karena upaya adu domba ala asing.

“Problemnya adalah ada tim sukses yang menyiapkan propaganda Rusia, yang setiap saat mengeluarkan semburan-semburan dusta, semburan hoax. Ini yang harus segera diluruskan Bapak-Ibu sebagai intelektual,” ujarnya.

(fdn/fdn)


Artikel ini telah tayang di detikNews

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -