Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

VIVA – Kerap menemui perisakan atau bullying di Instagram? Jangan khawatir ya, kini media sosial milik Facebook itu meluncurkan fitur anti-bullying, namanya Batasi atau Restrict. Instagram bilang fitur anyar itu berfungsi melindungi masyarakat Indonesia dari komentar dan pesan bersifat negatif di Instagram. 

Bullying adalah isu yang kompleks, dan kami tahu anak remaja kerap menghadapi isu ini di dunia maya, tapi mereka kadang merasa ‘sungkan’ untuk melaporkan atau memblokir teman yang mengolok-olok mereka. Fitur Batasi didesain untuk membatasi interaksi negatif di Instagram tanpa harus diketahui oleh orang tersebut,” kata juru bicara Instagram dalam keterangan tertulis dikutip Kamis 3 Oktober 2019. 

Setelah fitur Batasi diaktifkan, komentar dari orang yang telah kamu batasi secara otomatis hanya akan bisa dilihat oleh orang tersebut. Kamu, pengikut kamu, dan orang-orang lainnya tidak bisa melihat komen tersebut. 

Jika kamu merasa penasaran, Instagram tetap memberikan opsi untukmu melihat isi komen tersebut dengan mengetuk pilihan “Lihat Komentar”. Kemudian, kamu memiliki kontrol untuk menyetujui komentar tersebut untuk bisa dilihat semua orang, menghapus komentar tersebut, atau mengacuhkannya.  

Tak hanya untuk komentar, fitur Batasi juga diaplikasikan di Direct Message (DM). Saat kamu membatasi seseorang di Instagram, pesan yang dikirim oleh orang tersebut akan secara otomatis berpindah ke Message Request, dan saat kamu membaca pesan dari mereka, tidak akan ada tulisan “Seen” seperti pada biasanya. Orang yang telah kamu batasi juga tidak bisa melihat kapan kamu aktif di Instagram (“Active now”) dan kamu tidak akan menerima notifikasi untuk interaksi dari akun-akun yang telah kamu batasi. 

Baru-baru ini, Instagram juga telah menambahkan stiker baru di Instagram Stories yang diberi judul “Create Don’t Hate” sebagai ajakan Instagram untuk bersama-sama membangun dan menjaga ekosistem Instagram yang senantiasa positif dan bebas dari bullying

Kamu dapat mengaktifkan fitur Batasi dengan menggeser kiri pada komentar negatif yang ditinggalkan orang tersebut atau dengan memilih opsi “Restrict/Batasi” langsung di profil akun mereka. Untuk mengubahnya, kamu tinggal memilih “Unrestrict/Batal Batasi”.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -