Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Jakarta, CNN Indonesia — Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyatakan apresiasi besar dengan capaian yang diperoleh kontingen Indonesia pada SEA Games ke-30 di Filipina. Kemenpora menyebut ada delapan rekor yang ditorehkan oleh atlet Indonesia pada SEA Games 2019.

Capaian pertama ditorehkan oleh tim polo air putra yang berhasil memperoleh medali emas pertama untuk Indonesia. Medali itu juga diketahui yang pertama bagi tim polo air putra Indonesia sejak SEA Games 54 tahun silam.

Torehan kedua diberikan oleh atlet renang I Gede Siman Sudartawa karena berhasil memperbaiki rekor renang nomor 50 meter gaya punggung putra, dari rekor lama yaitu 25,20 detik menjadi 25,12 detik.

Capaian ketiga diberikan oleh tim nasional sepak bola karena berhasil mencetak rekor gol sepanjang sejarah penampilan di SEA Games, yakni 21 gol dalam tujuh laga.




Osvaldo Haay menjadi top skor terbanyak Indonesia sepanjang sejarah SEA Games 2019. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)



Rekor keempat juga berasal dari timnas sepakbola karena Osvaldo Haay berhasil menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan delapan gol.
“Kelima, Windy Cantika Aisah memecahkan rekor dunia junior cabang olahraga angkat besi di kelas 49 kilogram angkatan 86 kilogram snatch dan 104 kilogram clean dan jerk,” ujar Kemenpora dalam keterangan tertulis, Kamis (12/12).

Raihan keenam adalah medali emas yang diberikan oleh Hendro Yap dari cabor atletik. Hendro meraih medali emas ke-4 selama SEA Games di nomor 20 kilometer jalan cepat putra dan juga memperbaiki catatan waktu atas nama sendiri, menjadi 1 jam 31 menit.

Ketujuh, Kemenpora menyampaikan capaian mengesankan ditampilkan oleh atlet lompat jauh Sapwaturrahman Sanapiah Arsyad karena mencetak rekor lompatan sejauh 8,03 meter dari semula 7,78 meter.

[Gambas:Video CNN]
Pencapaian mengesankan terakhir ditorehkan oleh timnas voli putra lewat perolehan emas setelah 10 tahun tidak memperoleh medali emas. Timnas voli putra juga tidak pernah kehilangan satu set pun dalam seluruh laga yang dilalui.

Adapun peraih medali emas terbanyak, Kemenpora menyampaikan diperoleh oleh Dea Salsabila dari cabang modern pentathlon. Sementara perak terbanyak diperoleh Rifda Irfana Luthfi dari cabang senam dan perunggu terbanyak diperoleh Mudji Mulyani dari cabang obstacle race.







Kemenpora juga mengumumkan 72 medali emas, 84 medali perak, dan 111 medali perunggu. Perolehan medali itu membuat Indonesia bertengger di posisi keempat setelah Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Pada SEA Games 2019, Indonesia menerjunkan 841 atlet dari 52 cabang olahraga. (jps/bac)

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -