Ketua DPP PKB Usul ke Cak Imin Sodorkan 34 Nama Calon Menteri Jokowi

VIVA – Partai Kebangkitan Bangsa berencana menyodorkan 34 nama yang akan dipilih Presiden Jokowi di masa periode pemerintahan keduanya. Opsi ini diambil lantaran akan disaring oleh Jokowi selaku presiden.

Usul itu diklaim datang dari salah satu pengamat politik yang mengajurkan agar sebanyak mungkin nama diajukan untuk nantinya disaring Jokowi menjadi pembantu.

“Kenapa PKB tak kirim 34 nama yang punya kualifikasi 34 Kementerian sehingga Pak Jokowi punya perbandingan usulan lain,” kata Ketua DPP PKB, Lukman Edy saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Jumat 12 Juli 2019.

Lukman mengatakan, usulan itu rencananya akan dibicarakan dengan sang ketua umum Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Ia yakin, Cak Imin akan menerima selama kader – kader yang disodorkan punya kompentensi. “Baru rencana, pasti digodok oleh Pak Muhaimin,” ujarnya.

Kemudian, Lukman bilang, PKB juga punya keinginan terkait kursi Kementerian dan lembaga strategis di periode kedua nanti.

Sebagai partai pengusung sejak awal, Lukman berharap, pos-pos kementerian yang sebelumnya ditempati kader partainya akan dipertahankan. Seperti Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Kementerian Tenaga Kerja.

“Yang tidak dimungkin dikirim oleh PKB adalah Menteri Pertahanan,” kata dia.

Usai penetapan Jokowi-Ma’ruf sebagai capres dan cawapres terpilih, dinamika politik terkait komposisi kabinet terus mencuat. Elite partai koalisi pengusung Jokowi-Ma’ruf saling bersuara untuk jatah kursi menteri. [mus]

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts