Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Melalui website pribadi, dapat mempresentasikan keunggulan brand lebih kuat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Angka penjualan ritel online di Indonesia meroket pesat sejak tahun 2016. Menurut data dari McKinsey, nilai pasar e-commerce di Indonesia pada tahun 2017 diperkirakan mencapai 8 miliar dollar AS (119 triliun rupiah) dan akan menembus angka 65 miliar dollar AS (948 triliun rupiah) pada tahun 2022.

Pertumbuhan ini disebabkan oleh berbagai faktor, seperti jumlah populasi, tingkat penetrasi internet, dan kepemilikan ponsel pintar yang semakin tinggi terutama di kota-kota metropolitan dari tahun ke tahun.

Walau Indonesia punya beberapa e-commerce raksasa, penjualan online juga banyak disumbangkan oleh toko-toko online pribadi. Sekitar 38 persen (3 miliar dollar AS) penjualan tahun lalu berasal dari informal commerce yang didominasi oleh industri fashion dan apparel. Tren ini semakin populer di kalangan penjual berkat tersedianya layanan e-commerce enabler seperti Sirclo

Salah satu pemilik bisnis yang mengikuti tren online store pribadi tersebut adalah Regina Rafika, pemilik label busana lokal ATS The Label. Ia mengungkapkan beberapa alasan memilih Sirclo Store–produk Sirclo yang membantu bisnis lokal membangun online store pribadi–untuk membangun situs bisnisnya.

“Melalui website sendiri, kami dapat mempresentasikan keunggulan brand dengan lebih kuat. Kami bisa memantau dan meningkatkan pengalaman setiap customer, melakukan kustomisasi seperti ukuran foto produk, komposisi peletakan, penambahan keranjang belanja, hingga pembayaran,” jelas Regina.

Dibandingkan dengan penjualan melalui marketplace, ada beberapa keuntungan dari kepemilikan online store milik pribadi. Selain dari sisi branding bisa lebih kuat, penjual juga tidak perlu bersaing dengan ribuan toko lain dalam sebuah marketplace yang sama.

Pembeli yang mengunjungi situs toko online tertentu dapat merasakan keunikan dan keunggulan setiap produk, sehingga pada akhirnya menjadi lebih loyal terhadap brand tersebut.

Lain halnya dengan marketplace, dimana pembeli cenderung melakukan perbandingan harga, kualitas, dan model produk dari satu lapak ke lapak lain – sehingga lebih mudah berpindah-pindah.

Di sisi lain, bagi Uma Hapsari, pendiri fashion accessories brand Amazara, pengalaman pengguna merupakan prioritas utama. “Kami mengembangkan situs penjualan mandiri karena memahami dan memaksimalkan pengalaman pengguna, mulai dari saat mereka berkunjung hingga menyelesaikan transaksi,” kata dia.

Dari sana, jelas Uma, ia mendapatkan data dan insight penting untuk digunakan sebagai acuan strategi pemasaran.

“Data inilah yang tidak bisa didapatkan dari marketplace, padahal sebagai pemilik brand, kami perlu memahami betul siapa pelanggan kami, dan apa yang paling mereka inginkan,” kata Uma.

Uma memilih untuk menggunakan Sirclo Store karena dukungan teknis yang ditawarkan sangat paripurna, mulai dari template, back-end, hingga fitur unik seperti program membership, diskon, e-mail marketing, dan promosi.

“Sebelumnya, kami pernah menggunakan platform lain, namun website kami sempat down ketika kunjungan melonjak. Untungnya, Sirclo Store juga menyediakan server pribadi yang kuat dan terjangkau untuk menghindari terulangnya hal tersebut,” lanjutnya.

Sirclo Store menyediakan pengembangan toko online independen pada bisnis skala kecil dan menengah. Brian Marshal, founder dan CEO Sirclo mengatakan bahwa kehadiran Sirclo Store bertujuan untuk mendorong entrepreneur Indonesia agar dapat berkreasi dan mengembangkan bisnis online mereka secara praktis dan profesional.

“Di era teknologi ini, pelanggan kami bisa menyerahkan semua urusan infrastruktur website, server, hingga fitur pembayaran pada Sirclo Store, sehingga mereka dapat berfokus pada hal yang paling utama, yaitu produksi dan penjualan,” ungkapnya. 

Selain menyediakan berbagai template website yang dapat dipilih, Sirclo Store juga melengkapi setiap situs dengan fitur-fitur yang lengkap agar pengalaman pembeli semakin menyenangkan. Desain situs yang responsif, fitur kalkulasi tarif pengiriman produk, dan integrasi sistem pembayaran dari bank hingga PayPal merupakan hal-hal yang membuat Sirclo Store unggul.

Sistem pembayaran Sirclo Store didukung oleh beberapa sistem payment gateway di mana salah satu kemudahan terbarunya adalah bisa melakukan pembayaran dengan Go-Pay.

Setiap pelanggan SIRCLO Store juga akan mendapatkan sesi pelatihan untuk menguasai pengelolaan toko online dan memanfaatkan website sebagai kanal penjualan utama. Ini mendorong entrepreneur Indonesia tidak hanya menjual produk saja, namun bisa menjangkau pasar yang lebih luas dengan lebih baik.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -