Kiat Berbusana Sopan Menurut Fashion Stylist

Dalam berbusana sebaiknya kita menyesuaikan pakaian dengan aktivitas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Berbusana sopan menjadi sebuah keharusan jika Anda berada di tempat resmi misalnya di kantor atau di sekolah. Namun sampai sejauh mana sebenarnya batasan busana sopan itu?

Menurut celebrity fashion stylist, Alvasus, dalam berbusana sebaiknya kita menyesuaikan pakaian dengan aktivitas dan orang-orang yang akan kita temui. Penting sekali dalam berpakaian kita harus tahu apakah kita bekerja sendiri atau dengan orang lain.

“Kalau sendiri bisa lebih eksplor. Tapi Indonesia ada norma-norma tertentu kalau ke kantor rapat dengan orang ada aturan tatabusana atau dress code yang harus diikuti. Itu harus dipelajari,” ujarnya usai mengisi acara Minimal and Friends #MinimalWomenOfImpact di Jakarta belum lama ini.

Salah satunya saat ke kantor Anda dituntut untuk berpakaian dengan sopan. “Pasti dengan berpakaian sopan akan menimbulkan kesan lebih elegan, lebih nyaman, dan lebih diterima oleh masyarakat umumnya,” ujarnya.

Alvasus menambahkan sopan berarti tahu cara beretika. Sopan tapi tingkah laku tidak sopan juga tidak baik. Sopan memerlukan paket lengkap dari cara berpakaian, bertingkah laku, juga berbicara baik di tempat umum maupun tempat kerja.

“Sopan bagi setiap orang berbeda satu sama lainnya. Sopan ada yang menutup tangan, leher, dan kaki. Tapi secara keseluruhan sopan itu lebih pada perilaku kita. Kalau sopan, dari diri kita keluar pasti akan tercermin dalam cara berpakaian maupun berbicara,” paparnya.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

Related Posts