KPI Mau Awasi YouTube sampai Netflix, Orang Tua Jangan Gaptek

Konten kreator, Yosi Mokalu

VIVA – Kreator konten digital, Yosi Mokalu, mengaku santai dengan wacana Komisi Penyiaran Indonesia yang mau mengawasi YouTube, Facebook TV sampai Netflix. Yosi mengetahui KPI kena kritikan dari sejumlah kreator konten, terutama masalah penyaringan konten untuk melindungi anak-anak. 

“Dengan orang tua tidak gaptek (gagap teknologi), malas mempelajarinya mereka menyalahkan kreator. Kalau suara dari content creator seperti itu,” kata Yosi di Jakarta, Senin 12 Agustus 2019. 

Dia mengatakan, konten asusila sudah ada dan banyak sejak dulu berkembang platform digital. 

Yosi memahami keresahan rekan-rekannya itu. Apalagi dengan dalih mengawasi, mereka malah berpikir kenapa tidak mengedukasi orang tuanya. 

“Jangan sampai orang tua gaptek orang tua tidak mau menggunakan fasilitas yang ada yang disalahkan content creator-nya,” kata dia. 

Dia mendukung langkah jika memang harus ada lembaga baru untuk mengawasi YouTube sampai Netflix. Namun dia memberi catatan soal hasil kebijakan itu nantinya. 

“Cuma yang harus diperhatikan atau dipertanyakan apakah kebijakan yang dihasilkan adalah hanya sekadar melarang atau membatasi karena ada bentuk kebijakan lain bisa kita lakukan edukasi gitu loh,” kata Yosi. (ren)

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts