KPU Persiapkan Penetapan Caleg DPR RI Terpilih

Ketua KPU, Arief Budiman

Penetapan caleg DPR RI baru bisa dilakukan usai putusan sengketa PHPU legislatif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan pihaknya mulai mempersiapkan penetapan calon anggota (caleg) DPR RI. Penetapan caleg DPR RI terpilih baru bisa dilakukan usai putusan sengketa perselisihan hasil pemilu (PHPU) legislatif di Mahkamah Konstitusi (MK) dibacakan mulai 6 Agustus mendatang. 

Sebagaimana diketahui, seluruh proses persidangan PHPU legislatif telah selesai. Majelis hakim MK saat ini mulai menggelar rapat permusyawaratan hakim (RPH) untuk membahas dan memutuskan sengketa PHPU legislatif itu.

Menurut Arief, pihaknya kini menanti hasil putusan tersebut. “Kami tunggu saja, apa pun keputusannya tetap kami jalankan. Kalau tidak ada perintah lain-lain (dalam putusan) ya akan kami lanjutkan (ke tahapan selanjutnya),” ujar Arief ketika dijumpai di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/8).

Termasuk, lanjut dia, segera menetapkan para caleg DPR RI terpilih dan konversi hasil suara pemilu menjadi kursi di DPR.  “Iya nanti kami lanjutkan (untuk penetapan caleg dan penghitungan kursi),” tegasnya. 

Sebelumnya, Komisioner KPU, Ilham Saputra, mengatakan pihaknya belum bisa menetapkan caleg DPR RI terpilih Pemilu 2019. Pasalnya, saat ini masih ada puluhan daerah pemilihan (dapil) DPR RI yang masih bersengketa di MK

“Jumlah dapil DPR RI yang tidak bersengketa sebanyak 35 dapil, ” ujar Ilham kepada wartawan dalam keterangan tertulisnya, 23 Juli lalu.

Sementara itu, jumlah seluruh dapil DPR RI dalam Pemilu 2019 sebanyak 80 dapil. Karena itu, KPU harus menanti sengketa semua dapil ini selesai.

“Untuk DPR harus menunggu selesai (di MK). Sebab harus menanti semua putusan MK selesai.  Harus semua diselesaikan,” tegasnya.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

Related Posts