Mahfud MD Sebut Idul Fitri Momentum Tepat Pertemuan Jokowi dan Prabowo

VIVA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyarankan kepada Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, untuk memanfaatkan momentum Idul Fitri untuk bertemu. Mahfud menilai pertemuan antara dua kontestan Pillpres ini akan membawa dampak positif bagi masyarakat usai penyelenggaraan Pemilu 2019.

Guru Besar Universitas Islam Indonesia (UII) itu menjelaskan bahwa pertemuan antara dua tokoh yang berkontestasi di Pilpres 2019 ini telah banyak ditunggu masyarakat. Pertemuan kedua capres itu nantinya akan membawa angin sejuk bagi masyarakat luas.

“Yang penting bagaimana meyakinkan Pak Jokowi dan Pak Prabowo bahwa bertemunya mereka sangat ditunggu-tunggu oleh Indonesia untuk menyejukkan rakyat dalam menyongsong masa depan. Yang mau tak mau, tak ada pilihan lain, harus menerima putusan MK (terkait sengketa Pemilu),” ujar Mahfud, Selasa malam, 4 Juni 2019.

Pakar hukum tata negara ini menerangkan suasana Idul Fitri dirasa tepat sebagai momentum untuk Jokowi dan Prabowo bertemu. Diharapkan dari pertemuan itu akan terjadi rekonsiliasi antarkedua tokoh itu.

“Diharapkan (pertemuan Jokowi-Prabowo) bisa sekarang-sekarang ini. Mumpung Lebaran,” ucap mantan Menteri Kehakiman dan Hak Asasi Manusia itu. 

Mahfud menambahkan dirinya juga menghormati pilihan Jokowi dan Prabowo apabila ingin menunggu hasil keputusan MK terkait sengketa Pemilu lebih dahulu sebelum bertemu. 

“Tetapi kalaupun ada yang memberi saran sampai ada kepastian hukum MK, bisa juga. Saat yang tepat masing-masing menyatakan secara gentleman bahwa menerima apapun keputusan dari MK. Tapi sekarang ini lebih bagus momentumnya,” lanjut Mahfud. (ren)
 

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

Related Posts