Melihat Lagi Pesta Warga Ucap Syukur Kepala Daerahnya Ditangkap KPK

Melihat Lagi Pesta Warga Ucap Syukur Kepala Daerahnya Ditangkap KPK

Jakarta
Kabar dari Istana perihal Perppu KPK tidak jelas ujung pangkalnya. Sedangkan UU KPK baru tinggal hitungan hari sebelum akhirnya berlaku.

Dalam catatan KPK setidaknya ada 26 poin dalam UU baru yang akan melemahkan upaya pemberantasan korupsi. Salah satu persoalan UU baru itu disebut KPK akan berpengaruh pula pada operasi tangkap tangan (OTT), senjata KPK yang selama ini berhasil menangkap koruptor.



Terlepas dari itu OTT KPK selama ini kerap menjadi pro-kontra. Dari sisi mereka yang terjerat, protes kerap disampaikan lantaran merasa tidak menerima uang langsung saat ditangkap. Namun rupanya tak jarang pula yang bergembira bila ada OTT KPK. Siapa mereka?

OTT terakhir yang dilakukan KPK pada 6 Oktober 2019 berhasil menjerat Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, karena diduga menerima suap. Saat itu warga yang berkumpul di sekitar rumah dinas bupati meneriakkan dukungan ke KPK.

“Hidup KPK, KPK, KPK!” teriak warga.

Esoknya dikabarkan sekumpulan warga memotong kambing sebagai bentuk syukur atas OTT KPK di halaman kantor Pemkab Lampung Utara. Bila melihat respons warga serta penjelasan dari KPK tentang OTT itu, boleh jadi rasa syukur itu disampaikan karena perbuatan haram itu sudah sejak lama dilakukan si bupati.

Pada jumpa pers, Senin (7/10), Wakil Ketua KPK Basaria Pandjaitan menyebut ‘permainan’ Agung dilakukan sejak awal menjabat yaitu pada 2014. Agung diduga KPK mengatur para kepala dinasnya untuk menyiapkan setoran dari proyek-proyek yang dikerjakan.

“Sejak tahun 2014, sebelum SYH (Syahbuddin) menjadi Kepala Dinas PUPR Lampung Utara, AIM (Agung Ilmu Mangkunegara) yang baru menjabat, memberi syarat, jika SYH ingin menjadi Kadis PUPR, maka harus menyiapkan setoran fee sebesar 20-25 persen dari proyek yang dikerjakan oleh Dinas PUPR,” ujar Basaria saat itu.

Wujud rasa syukur publik itu sebenarnya bukan hanya kali ini saja. Dari catatan detikcom setidaknya ada beberapa momen ketika warga menyambut OTT yang dilakukan KPK di daerahnya. Seperti apa?

Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts