Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan baju-baju lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Banyaknya pakaian yang tidak lagi terpakai bisa mengganggu kenyamanan di rumah. Baju-baju lama bisa jadi malah bertumpuk tidak karuan di kamar ataupun lemari.

Daripada dibiarkan saja atau dibuang percuma, ada baiknya jika barang-barang tersebut dibuat lebih bermanfaat, seperti dikutip laman purewow.com, Selasa (10/12).

Donasikan
Jika Anda membuang pakaian karena alasan tidak menggunakannya lagi atau tidak pas, pertimbangkan untuk menyumbangkannya kepada seseorang ataupun lembaga yang masih bisa menggunakannya. Atau, jika kondisinya benar-benar bagus, seperti dari merek yang menurut Anda mungkin memiliki nilai jual, bisa juga menjualnya kembali ke toko konsinyasi atau secara daring.

Daur ulang
Pilihan ini bisa untuk pakaian yang sepertinya tidak layak pakai lagi. Namun kain pakaian masih bisa berguna apabila didaur ulang. Dalam upaya untuk mengimbangi jejak karbon, banyak merek mode cepat, seperti H&M dan American Eagle Outfitters, memiliki program daur ulang di dalam toko yang menerima lebih dari sekadar baju lama. Anda juga dapat mengirimnya ke tempat daur ulang tekstil termasuk seprai, handuk, dan tas jinjing kanvas yang tampaknya berlipat ganda di lemari Anda.

Gunakan di rumah
Untuk membersihkan kamar mandi atau menggosok furnitur, mungkin ide yang bagis menjadikan kain bekas sebagai lap pembersihnya. Kain bekas bisa digunakan untuk mengusap kotoran, minyak, dan kotoran dari sepeda yang Anda simpan di garasi sepanjang musim dingin.

Jadikan penutup rambut
Pada dasarnya, Anda bisa membungkus rambut  dengan potongan kain kecil semalaman. Saat bangun di pagi hari, Anda akan memiliki rambut ikal yang indah dan memantul. Teknik pengeritingan ini telah ada dari zaman dulu, bahkan, nenek, ibu, atau bibi Anda mungkin sering mengandalkan cara ini pada masa lalu. Atau Anda mungkin pernah melihat aktris dengan rambut penuh kain di film seperti A Little Princess.

 

 

Jadikan ikatan tanaman
Jika Anda tidak benar-benar tertarik untuk mengikatkan kain ke rambut yang bersih dan rapi, mungkin Anda lebih suka mengubah kaus lama menjadi ikatan taman. Ambil contoh kain lama bisa diikatkan untuk menjaga tanaman tomat tetap tinggi. Kain juga dapat berguna untuk memandu tanaman merambat dan perayap lainnya guna mendorong pertumbuhan ke arah tertentu

Mainan anak
Biarkan anak-anak bermain dengan akrilik, cat air dan pena cat tanpa takut menodai sekolah atau bermain pakaian. Hal yang sama berlaku untuk orang dewasa. Simpan beberapa T-shirt lama untuk dipakai sambil mengecat kamar anak baru saudara perempuan Anda, menodai meja kopi vintage atau bekerja di kebun (dengan ikatan taman ramah lingkungan di belakangnya, jelas).

Berikan warna baru
Anda dapat membuat pewarna alami sendiri yang aman dengan menggunakan sayuran atau tanaman berwarna-warni. Warna baru ini bisa diaplikasikan pada pakaian lama Anda. Jika menggunakan pewarna nabati, warnanya mungkin tidak bertahan lama jika terkena deterjen keras atau mesin cuci.

Membuat mainan hewan
Pakaian lama bosa dijadikan mainan ramah lingkungan. Bahkna jika pakaian lama ini dirusak hewan peliharaan Anda, tinggal diganti dengan pakaian lama lainnya.

Membuat kerajinan
Kain pakaian bisa dibuat menjadi kerajinan tangan. Kreasi penuh warna ini akan menjadi hadiah pindah rumah yang sangat baik atau stocking stuffer untuk teman-teman. Selama Anda memiliki alat penunjang, maka mudah saja membuat kerajinan sesuai keinginan.

Membuat rajutan
Menjadikan kain sebagai bahan rajutan juga adalah ide yang sangat nyaman.  Ini berarti kain lama Anda bisa memberi kehidupan baru serta memiliki banyak warna atau pola untuk dikerjakan. Blog One Dog Woof memiliki video tutorial yang sangat baik soal membuat aneka rajutan ini. 

Jahit kembali
Menjahit selimut yang terbuat dari semua kain vintage adalah ide bagus lainnya untuk menjaga agar suasana nyaman tetap berjalan. Jika malas mengerjalan sendiri, Anda bisa mepercayakannya kepada perusahaan-perusahaan jasa, seperti Memory Stitch atau American Quilt Co.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -