Mendikbud Nadiem Minta Sekolah Publikasi Inovasi Penilaian Siswa ke Medsos

Mendikbud Nadiem Minta Sekolah Publikasi Inovasi Penilaian Siswa ke Medsos


Jakarta – Mendikbud Nadiem Makarim menyebut, banyak sekolah yang telah menginovasikan cara penilaian siswa. Nadiem meminta sekolah-sekolah tersebut menyebarluaskan inovasinya ke media sosial.

“Satu hal yang saya minta, kepada semua sekolah-sekolah yang ini, yang sudah melakukan inovasi penilaian, seperti ini berdasarkan portofolio, berdasarkan esai, berdasarkan prestasi dan lain-lain, mohon ramai-ramai keluarkan di social media, keluarkan di Youtube apa yang telah dilakukan guru-guru penggerak Anda,” kata Nadiem di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (12/12/2019).

Nadiem menyebut bahwa sekarang saatnya sekolah-sekolah menyebarluaskan inovasi mereka. Sekarang, sebut eks CEO Gojek itu, eranya Merdeka Belajar.

“Apa inovasi-inovasi, ujian-ujian, penilaian-penilaian yang telah Anda lakukan di semua sekolah, sekarang saatnya untuk keluar, sekarang saatnya untuk memamerkan inovasi Anda, karena sekarang sudah eranya Merdeka Belajar,” jelasnya.

Namun untuk standar kelulusan siswa, Nadiem menegaskan harus tetap merujuk Kurikulum 2013.

“Apa standar nasional? Kurikulum 2013 dan standar kelulusan Kurikulum 2013. Jangan lupa kita ada itu, standar nasionalnya itu. Tapi yang membuat penilaian soal dan format seperti apa, itu sekolah. Memang itu haknya sesuai UU Sisdiknas,” ucapnya.

Halaman

(zak/knv)

Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts