Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ada saja anak yang tetap kurus meski sudah makan banyak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Setiap orang tua tentu ingin memberikan asupan nutrisi terbaik bagi anak. Mereka berharap sang buah hati terhindar dari stunting berkat terpenuhinya kebutuhan gizi.

Hanya saja, masih banyak orang tua yang belum mengerti konsep malnutrisi. Mereka mengira, malnutrisi hanya gizi kurang saja. Padahal, gizi berlebih juga termasuk malnutrisi karena menyebabkan obesitas.

“Malnutrisi itu kalau anak kekurusan atau kegemukan, yang sedang saja intinya. Semuanya harus dalam kondisi yang normal,” kata ahli gizi, dr Diana Suganda dalam acara Royco Nutrimenu di Jakarta, Selasa.

Diana mencontohkan, anak yang kurus tetapi sehari-hari makannya cukup banyak. Ini artinya ada yang salah dalam komposisi makanan yang diberikan.

Begitu juga dengan anak yang kelebihan berat badan. Menurut Diana, itu tandanya anak bermasalah dalam porsi makan.

“Kurus tapi makan banyak, rupanya komposisi makanan tidak seimbang,” kata Diana.

Untuk menentukan berat badan kurang, menurut Diana, orang tua harus melihat kurva pertumbuhan berat badan anak. Jangan sekadar melihatnya dari penampilan fisik anak.

Anak yang makannya banyak, namun tetap kurus kemungkinan mengalami kekurangan protein. Diana mengingatkan agar komposisi makanan yang diberikan harus memenuhi prinsip gizi seimbang atau sesuai slogan ‘Isi Piringku’.

Dalam satu kali makan, anak perlu mendapatkan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral secara seimbang. Gizi itu bisa sa didapatkan dari nasi, gandum, kentang sagu, lauk pauk, sayur, dan buah.

“Iya makan banyak, tapi komposisi tepat nggak? Usahakan karbohidrat, nggak cuma nasi, tapi juga kentang, mi, pasta, roti, papeda dan protein serta lemak jangan lupa,” tuturnya.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -