Messi Raja Liga Spanyol

Jakarta, CNN Indonesia — Sepuluh gelar juara Liga Spanyol telah menjadikan gelandang Barcelona, Lionel Messi, sebagai pemain yang pantas disebut sebagai seorang raja.

Banyak pemain, dengan status bintang, yang datang dan pergi. Cristiano Ronaldo dan Neymar adalah bintang yang pernah merasakan kompetisi La Liga, tetapi kini keduanya sudah  meninggalkan Messi sendirian.

Predikat sebagai seorang raja Liga Spanyol pun masih melekat kepada bintang asal Argentina ini. Seolah-olah La Liga adalah Messi, begitu pula sebaliknya.

Seperti diketahui, Messi memang lebih sukses di Barcelona ketimbang di timnas. Berbeda dengan catatan minim gelar bersama Albiceleste, Messi menjadi salah satu pemain tersukses di La Liga dengan 10 gelar. Messi tertinggal dua gelar dari Paco Gento yang menjadi pemain paling sukses di Liga Spanyol.




Lionel Messi sudah bermain di Liga Spanyol sejak2004. (JOSE JORDAN / AFP)



Selain gelar juara La Liga, berbagai rekor individu telah Messi raih dalam kompetisi sepak bola kasta teratas di Spanyol tersebut. Misalnya, pemain yang kini berusia 32 tahun itu merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa di La Liga yakni 419 gol.

Ratusan gol itu ia cetak sejak 2004 dari total 452 pertandingan. Ia mengalahkan sejumlah nama tenar lain seperti Cristiano Ronaldo (311), Telmo Zarra (251), dan Hugo Sanchez (234).

Selain itu, Messi juga menjadi pemain pertama yang mencetak 300 gol di La Liga. Hal itu ia catat dalam kemenangan Barcelona dengan skor 3-1 atas Sporting Gijon di hadapan kurang lebih 28 ribu penonton Estadio Municipal El Molinon pada 17 Februari 2016. Di laga ini, Messi menyumbang dua gol pada menit ke-25 dan 31.







Meski begitu, banyak gelar lain yang masih bisa ia raih selagi aktif di La Liga. Contohnya, Messi belum pernah mencetak tujuh gol dalam satu pertandingan La Liga.

Sampai detik ini, hanya ada dua orang pemain yang berhasil mencetak tujuh gol dalam satu laga di La Liga yakni Agustin Sauto Arana dalam laga Athletic Bilbao melawan Barcelona pada 8 Februari 1931 dan Laszlo Kubala dalam laga Barcelona melawan Sporting Gijon pada 10 Februari 1952.

Messi juga berpotensi untuk mengalahkan rekor hattrick dari Cristiano Ronaldo. Hingga saat ini, Ronaldo masih memegang catatan trigol terbanyak di Liga Spanyol sebanyak 34 kali.
[Gambas:Video CNN]
Rekor Ronaldo itu sudah tak mungkin bertambah seiring kepindahan pemain asal Portugal itu ke Juventus. Satu kali hattrick saja, Messi sudah menyamai catatan sang rival.

Setelah belasan musim seolah tanpa cela, tuntutan tampil apik membayangi Messi bersama Barcelona. Namun saat ini Messi sudah berusia 32 tahun. Sedikit banyak faktor fisik bisa menjadi ganjalan bagi pemain kidal itu.

Kehadiran pemain baru seperti Antoine Griezmann dari Atletico Madrid bisa saja mengurangi menit bermain dari peraih lima gelar Ballon d’Or itu.

Tak hanya itu, Messi juga mesti menjaga diri agar jauh dari cedera. Namun La Pulga harus mengawali musim 2019/2020 dari bangku penonton lantaran lantaran menjalani perawatan cedera.

(map)

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia

Related Posts