NasDem Tolak Gerindra Duduki Kursi Mentan: Siapa yang Kontrol Pemerintah?

NasDem Tolak Gerindra Duduki Kursi Mentan: Siapa yang Kontrol Pemerintah?

Jakarta
Partai NasDem menentang kemungkinan bergabungnya Partai Gerindra dalam kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan menduduki posisi Menteri Pertanian (Mentan). NasDem mempertanyakan siapa yang akan mengontrol pemerintah jika Gerindra yang merupakan rival Jokowi di Pilpres 2019 justru bergabung dalam pemerintahan.

“Ini yang sejak awal saya tentang. Jika semua parpol oposisi mau ikut di dalam pemerintahan, lalu siapa yang akan jadi control system yang efektif di parlemen?” kata Ketua DPP Partai NasDem Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Rabu (8/10/2019).

Menurut Irma, partai politik saat ini hanya berpikir tentang perebutan kekuasaan. Ia khawatir hal itu justru akan membuat program pemerintah terabaikan jika semua bekerja untuk partainya masing-masing.

“Parpol kita hari ini seperti kehilangan marwah, sepertinya semua berpikir bagaimana merebut kekuasaan atau mempertahankan kekuasaan untuk 2024. Saya khawatir karena semua fokus untuk 2024, maka program pemerintah atau program Presiden malah terabaikan. Semua bekerja untuk partai masing-masing. Kasihan Presiden jika itu terjadi,” ujarnya.
Sebelumnya, Gerindra masih menanti respons Jokowi soal konsep yang ditawarkan ke pemerintah. Salah satu titik tekan di konsep yang ditawarkan partai berlambang kepala burung Garuda itu adalah soal swasembada pangan. Gerindra pun bicara kemungkinan menduduki kursi Menteri Pertanian (Mentan).

“Ya kalau diterima, ya, mungkin pos itu yang diberikan,” kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjawab kemungkinan partainya mendapat kursi Mentan dalam wawancara dengan wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).

Namun Dasco menegaskan Gerindra tak dalam posisi meminta kursi ke Jokowi. Gerindra hanya menawarkan konsep, dan jika konsep itu diterima, tentunya berharap bisa mengawal pelaksanaan konsep tersebut.

(azr/dkp)

Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts