PDIP Minta Maaf soal Zulkifli Hasan Disoraki, PAN: Kami Lapang Dada

0
3 views
Desak Amien Rais Mundur, Goenawan Mohamad dkk Pro-Jokowi





Jakarta
PDIP sudah meminta maaf terkait disorakinya Ketua MPR yang juga Ketum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) saat menghadiri HUT PDIP ke-46. PAN menerima permintaan maaf PDIP dan berharap tak dikaitkan sebagai permusuhan.

“Permintaan maafnya diterima dengan lapang dada. Semoga perbedaan pandangan politik, beda pilihan politik, tidak ditarik sebagai permusuhan. Menurut Bang Zul, pemilu adalah pertandingan persahabatan 5 tahunan. Jadi harus diterima sebagai proses pendewasaan politik,” kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada detikcom, Jumat (11/1/2019).

Meski sudah menyambut baik permintaan maaf PDIP, Viva menyayangkan adanya sorakan terhadap Zulkifli. Sebab, menurut dia, kedatangan Zulkifli Hasan ke HUT PDIP sebagai tamu undangan, terutama untuk Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.


“Kehadiran Bang Zul adalah untuk menghormati Ketua Umum PDIP Bu Megawati. Sesama ketum parpol yang berkontestasi di pemilu. Saya menyayangkan atas sikap yang tidak patut dari warga PDIP kepada Ketum PAN. Dalam semua ajaran mana pun, jika ada tamu yang diundang dan datang, semestinya dimuliakan dan diberikan apresiasi. Tidak boleh dilecehkan,” ujar Viva.

Viva menganggap, dalam berdemokrasi, seharusnya perbedaan pilihan politik di Pemilu 2019 bisa dihormati. Zulkifli, kata Viva, tak mempermasalahkan ulah kader PDIP yang menyorakinya.

“Meski berbeda pandangan politik dan pemikiran, tetapi harus saling menghormati sebagai saudara sesama kader bangsa. Sikap Bang Zul atas sikap warga PDIP ya santai dan tersenyum saja. Meskipun berbeda pilihan partai politik, Bang Zul tetap berniat merajut komunikasi, persaudaraan, dan perkawanan, untuk kemajuan bangsa,” kata Viva.

Dalam HUT PDIP ke-46, Zulkifli disoraki tiga kali oleh kader PDIP. Sorakan pertama untuk Zulkifli datang saat pembawa acara menyambut kedatangan tamu undangan. Sorakan kedua terdengar saat Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menyapa tamu undangan ketika memberikan pidato.

Hattrick sorakan untuk Zulkifli Hasan terjadi saat giliran Presiden Joko Widodo memberi sambutan. Saat itu Jokowi menyapa Zulkifli Hasan, yang hadir sebagai Ketua MPR.

“Yang saya hormati, Ketua MPR Bapak Zulkifli Hasan,” kata Jokowi.

Huuu...,” sorak para kader PDIP.

Saksikan juga video ‘Zulkifli Hasan Disoraki di HUT PDIP, PAN: Biasa Sajalah’:

[Gambas:Video 20detik]

(idn/elz)



Artikel ini telah tayang di detikNews

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here