oleh

PDIP yakin Suara Parpol Pengusung Jokowi Terdongkrak di Pileg





Jakarta
Survei LSI Denny JA menyebutkan PDIP berpotensi mendapatkan coattail effect atau ‘limpahan suara’ pada Pemilu 2019. PDIP menilai parpol pendukung lainnya juga akan mendapatkan limpahan suara.

Politikus PDIP Effendi Simbolon mengatakan coattail effect biasanya akan mempengaruhi perolehan suara partai dalam Pileg. Apalagi capres yang diusung adalah Jokowi yang merupakan kader PDIP sehingga PDIP diprediksi mendapatkan dongkrakan suara. Namun, dia menilai parpol pendukung lainnya juga akan mendapatkan efek itu.

“Teori coattail effect itu kan kepada yang langsung karena Jokowi kan kader PDIP jadi langsung dapat efek elektabilitas dari beliau. Tapi bahwa partai pengusung lainnya yang bersatu dalam koalisi kerja saya kira tetap mendapatkan juga. Jadi tidak hanya berhenti di PDIP saja tapi juga mendapat,” kata Effendi, di Hotel Ibis Budget, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/9/2018).



Meski suara parpol lainnya turut terdongkrak, tetapi yang pertama merasakan dampaknya adalah PDIP. Menurutnya, efek terhadap parpol lain akan terasa pada bulan Januari.

“Itu akan nanti di Januari lah baru akan terasa, tapi kalau sekarang memang langsung, yang merasakan itu yab seperti yang survei katakan tentang PDIP itu realitanya begitu. Tapi tidak membuat partai lain menjadi gusar. Mereka juga menyadari itu,” ungkapnya.

Sebelumnya dalam hasil survei LSI Denny JA, PDIP diprediksi mendapatkan suara tertinggi pada Pileg yaitu 24,8%. Posisi kedua yakni Gerindra diprediksi memperoleh 13,3%.

(yld/idh)



Artikel ini telah tayang di detikNews

Komentar

News Feed