Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...




Jakarta
Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan Rofik Asharuddin (23) pelaku upaya bom bunuh diri di Pos Polisi Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah beraksi sendiri atau lone wolf. Rofik juga membuat bom sendiri.

“(Tepapar paham ISIS) Mungkin oleh internet ya atau ikut kegiatan kegiatan umum, setelah itu dia terinspirasi sendiri, berbaiat sendiri, melakukan operasi sendiri, membuat bom sendiri,” kata Tito di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (5/6/2019).

Tito menjelaskan jaringan teror ada dua macam yakni terstruktur dan lone wolf. Sementara, kesimpulan polisi sudah mendekati 90 persen bahwa Rofik adalah lone wolf.


Polisi masih mendalami kasus ini. Termasuk akan meminta keterangan pelaku.

“Karena kita sudah lihat dasarnya apa yang pertama tersangka masih hidup jadi kita bisa interview yang bersangkutan, kapan dia terpapar radikal, terorisme maksud saya, dia dari internet dari sosial media,” ucapnya.

Tito mengatakan Rofik belajar membuat bom dari internet. Dia membeli bahan-bahan sendiri hingga membuat bom.

“Di rumahnya ditemukan bahan-bahan pembuatan bom dan alat untuk membuat bom, itu dia belajar dari internet melalui handphone, kemudian dia membeli juga, semua dia beli sendiri. Sudah kita bisa buktikan bahan-bahannya memang mudah dicari, kemudian bomnya kita lihat itu tidak sempurna. Kalau dia sempurna pasti dia meledak besar,” paparnya.

Bom buatan Rofik itu berdaya ledak rendah dan tidak sempurna. Hal itu bisa dilihat dari kondisi Rofik yang hanya terluka.

“Ini kan tidak meledak besar, kemudian dia terluka masih bisa hidup. kalau dia profesional, ledakannya pasti akan besar dan kemudian yang bersangkutan bisa hancur badannya. Pengalaman selama ini begitu,” ujarnya.

(idh/hri)




Artikel ini telah tayang di detikNews

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -