Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Partai Berkarya dinilai belum menggaet pemilih pemula.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peneliti dari Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Ikrama Masloman menilai Partai Berkarya tidak cukup kuat hanya mengandalkan memori nostalgia Orde Baru.

Hal itu disampaikan Ikrima usai konferensi pers hasil survei terbaru LSI Denny JA terkait peluang parpol lolos “parliamentary threshold” 4 persen pada Pemilu 2019.

“Partai Berkarya itu kan mengambil jalur (pemilih) segmented. Ada kelebihan dan kekurangannya,” katanya di Jakarta, Sabtu.

Dari segmentasi pemilih, Ikrama menjelaskan Partai Berkarya tidak bisa menggaet pemilih pemula yang tidak memiliki memori kuat tentang Orde Baru.

“Mereka tidak meng-captive pemilih pemula karena pemilih milenial ini dibesarkan pasca-Orde Baru. Mereka tidak punya memori kuat tentang Orde Baru,” katanya.

Di sisi lain, kata dia, faktor ketokohan juga berpengaruh, terutama Hutomo Mandala Putra (Tommy Soeharto), ketua umumnya, serta sejauh mana keterkaitannya dengan Orde Baru.

Ia mengatakan para pemilih yang memiliki memori kuat dengan Orde Baru juga terbagi atas dua kalangan yakni mereka yang resisten dan yang menginginkan Orde Baru muncul lagi.

“Jadi, di sini sudah terbagi juga. Itulah kenapa tidak cukup mendongkrak hanya dengan jualan jargon, tetapi bagaimana menawarkan visi misi dan program yang lebih konkret,” katanya.

Survei terbaru LSI merilis 10 parpol yang potensial lolos PT pada Pemilu 2019, yakni PDIP di urutan pertama dengan elektabilitas 26,7-31,1 persen.

Kemudian, Gerindra (13,4-17,8 persen), Golkar (11,5-15,9 persen), Demokrat (4,6-9,0 persen), Partai Kebangkitan Bangsa sebesar 4,5-8,9 persen.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -