Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Kebiasaan bermaaf-maafan lewat internet saat Lebaran membuat trafik internet penuh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kebiasaan berbagi ucapan Hari Raya dan bermaaf-maafan melalui perpesanan instan dan media sosial telah ada sejak dimulainya internet. Kebiasaan ini pun membuat trafik atau lalu lintas internet melambat atau populer disebut lemot

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza menjelaskan penyebab jaringan internet menjadi lemot sangat bergantung dengan provider dan perangkat pengguna. “Kalau memang trafiknya penuh pasti akan lemot,” jelas Jamal.

Penyebab penuhnya lalu lintas internet adalah kapasitas provider yang kurang di mana pengguna internet banyak namun kapasitasnya kecil. Kemungkinan lain adalah permasalahan pada perangkat.

“Misalnya pada suatu daerah, penggunaan internetnya berkapasitas 500 megabyte misalnya. Tapi penggunanya lebih dari 500 megabyte, jadi pasti akan bottleneck dan melambat,” ungkapnya.

Namun demikian, dia memastikan para penyedia jasa layanan internet siap menghadapi trafik menjelang Lebaran. Terlebih, para penyedia jasa layanan internet telah belajar dari pengalaman dari yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya terutama saat mudik.

Mereka juga telah bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk memperkuat jaringan menjelang lebaran. “Terutama untuk trafik di saat malam Lebaran. Ucapan selamat Lebaran membuat trafik cukup tinggi. Kita berharap itu bisa stabil,” kata Jamal.

Menurutnya sejauh ini meskipun trafik tinggi namun jaringan internet masih bisa stabil. Penguatan itu juga biasanya dilakukan dengan penambahan jumlah Base Transceiver Station (BTS) oleh masing-masing penyedia.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -