Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Pembacaan teks Sumpah Pemuda berhasil dikumandangkan di 28 titik tertinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Memaknai Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober, produsen perlengkapan outdoor EIGER melakukan penjelajahan 28 gunung. Menurut Matketing Communications, PT Eigerindo Arif Husein, penjelajahan ini akan dilakukan untuk menaklukan kemegahan puncak 28 gunung di Indonesia dalam kegiatan yang bertajuk ‘Ekspedisi 28 Gunung’.

“Bahkan, rencananya tim pun akan melakukan ekspedisi beberapa gunung di Asia Tenggara seperti Thailand, Philipina, Kinabalu dan Vietnam,” ujar Arif, Senin (29/10).

Arif mengatakan, ekspedisi ini dilakukan oleh 28 tim yang terdiri dari tim Eiger Adventure Service Team (EAST), komunitas pencinta alam dan media terpilih di 28 kawasan gunung yang tersebar dari ujung Sumatra hingga ujung Papua. Ekspedisi ini menjadi salah satu momentum spesial karena pembacaan teks Sumpah Pemuda berhasil dikumandangkan di 28 titik tertinggi di nusantara secara serentak tepat pada pukul 10.00 berdasarkan waktu setempat.

“Pemilihan 28 gunung ini sendiri juga memiliki alasan khusus dalam mewakili keanekaragaman hayati medan tropis Indonesia, mulai dari bagian barat, tengah, hingga timur yang memiliki karakteristik tropis berbeda-beda,” katanya.

Arif mengatakan, ke-28 gunung yang dipilih yakni Gunung Kemiri, Gunung Sibuatan, Gunung Kerinci, Gunung Masurai, Gunung Dempo, Gunung Patah, Gunung Pesagi, Gunung Pulosari, Gunung Ciremai, Gunung Slamet, Gunung Semeru, dan Gunung Merapi. Gunung Palung, Gunung Halau-halau, Gunung Beriun, Gunung Klabat, Gunung Tambusisi, Gunung Rore Katimbu, Gunung Gandang Dewata, Gunung Mekongga, Gunung Latimojong, Gunung Rinjani, Gunung Tambora, Gunung Koya-koya, Gunung Kelimutu, Gunung Binaiya, dan Gunung Cartensz.

“Sebagian besar gunung yang menjadi lokasi pendakian belum populer di kalangan para pencinta alam. Kita ingin mempopulerkan gunung-gunung itu,” katanya.

Arif menjelaskan, pendakian ini terinspirasi dari penjelajahan dalam menapaki 28 puncak tertinggi dari barat hingga timur Indonesia ini. Eiger Adventure pun, dengan bangga merilis product series yang mencakup tiga zona wilayah hutan hujan tropis Indonesia, yaitu hutan hujan atas, hutan hujan tengah, dan hutan hujan bawah.

Karakteristik ke tiga medan itu, kata dia, berbeda sehingga material produk yang digukalan berbeda. Berdasarkan riset itu maka dibuatlah produk yang sesuai dengan kondisi cuaca ketika mendaki gunung. Misalnya, di pegunungan Kalimantan, harus membuat raincoat yang cepat kering karena sering turun hujan.

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -