Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

VIVA – Mesin pencarian Google menyebut Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) pada 17 April 2019 menjadi penelusuran terpopuler atau trending bagi pengguna internet di Indonesia.

Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami mengatakan bahwa Pilpres 2019 menjadi peristiwa terpopuler atau lantaran menandakan perubahan bagi Indonesia.

“Bukan siapa yang dipilih, tapi menandakan sebuah peristiwa besar karena menjadi pemilu terbesar sepanjang sejarah,” ujarnya di Jakarta, Rabu, 11 Desember 2019.

Lebih lanjut Veronica menjelaskan, agenda pemilihan umum (pemilu) tahun ini menjadi banyak dan rumit, sehingga bertambah juga jumlah informasi yang harus masyarakat olah.

Pilpres 2019 menjadi pencarian tertinggi pada 14-20 April 2019 dengan wilayah tertinggi penelusuran ada di Maluku Utara.

Topik yang terkait di antaranya kecurangan, exit poll, Kwanlen Polytechnic University, Badan Pertahanan Nasional, dan hitung cepat atau quick count.

Selain Pilpres 2019, topik terpopuler lainnya adalah lagu Cinta Luar Biasa milik Andmesh, film Dua Garis Biru, hidup Sehat, Bucin, KKN Desa Penari, Telur Gulung, Keluarga Cemara, Nadiem Makarim, Wishnutama, dan RUU KUHP.

Sebelumnya, dua menteri baru Presiden Jokowi menjadi terpopuler di Google. Menurut Veronica, berdasarkan penelusuran terpopuler tahun ini, dua menteri baru Jokowi yang mendunia adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparenkraf) Wishnutama.

“Iya bisa jadi relevansi dia jadi menteri. Jadi kalau diperhatikan ada berita atau peristiwa yang terjadi sama dua menteri baru itu pastinya bikin penasaran warganet. Ada apa ya? Kenapa sih? Begitulah,” kata dia.

Pencarian terkait Nadiem Makarim paling tinggi terjadi pada 20-26 Oktober 2019 dengan wilayah terbanyak ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sedangkan, Wishnutama waktu pencarian tertinggi, juga di tanggal yang sama, namun untuk wilayahnya berada di DKI Jakarta.

Veronica menuturkan pada penghujung tahun ini, Google resmi merilis apa saja yang menjadi terpopuler atau trending di sepanjang 2019.

Akan tetapi, untuk trending tahun ini bukan berdasarkan penelusuran terbanyak, melainkan jumlah penelusuran yang meningkat selama periode berkelanjutan.

Ia mengatakan ada sembilan kategori trending seperti Top 10 untuk tren pencarian, tokoh, kepergian tokoh, peristiwa nasional, lagu, apa itu, bagaimana cara, resep, dan film.

“Tahun ini banyak melihat bagaimana masyarakat ingin berubah menjadi lebih sehat dan menaruh harapan pada tokoh yang menginspirasi akan perubahan,” ungkap Veronica.

Artikel ini telah tayang di Viva.co.id

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -