Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Tsai Ing-wen sementara mendapatkan suara lebih banyak dari rivalnya, Han Kuo-yu.

REPUBLIKA.CO.ID, TAIPEI – -Dalam perhitungan sementara stasiun televisi Taiwan menunjukkan Presiden Tsai Ing-wen unggul dalam pemilihan presiden. Ia mendapatkan suara lebih banyak dari rivalnya Han Kuo-yu dari Nationalist Party.

Pada Sabtu (11/1), pendukung masing-masing kandidat presiden berkumpul di Taipei dan Kaohsiung, kota tempat Han menjabat sebagai wali kota. Mereka menunggu dengan cemas hasil perhitungan suara.

Suasana di markas Democratic Progressive Party yang diketuai Tsai meriah. Para pendukung bersorak ketika perhitungan suara diperbaharui.

Taiwan sudah membangun diidentitas mereka sendiri terlepas dari China selama perang saudara tahun 1949. Tapi tidak pernah mendeklarasikan kemerdekaan resmi.

Beijing masih mengklaim Taiwan sebagai daerah kedaulatan mereka. Mereka mengancam akan menggunakan paksaan untuk merebut kembali pulau berpopulasi 23 juta itu jika diperlukan.

Han memilih di Kaohsiung, tempat ia menjabat sebagai walikota. Ada kandidat ketiga yakni James Soong tapi ia tidak memiliki peluang untuk menang.

“Saya berharap semua warga dapat keluar dan memilih, Anda harus menjalankan hak Anda untuk membuat demokrasi lebih kuat lagi di Taiwan,” kata Tsai usai mencoblos.

Bagi banyak warga Taiwan, unjuk rasa antipemerintah di Hong Kong yang berlangsung selama berbulan-bulan telah menunjukkan kontradiksi antara pemerintahan mereka yang demokratis dan pemerintah otoriter di Cina Daratan. Tsai memainkan peran pemilihan ini menjadi kesempatan melindungi demokrasi Taiwan.

“Mari beritahu dunia dengan suara kami, Taiwan ingin mempertahankan kedaulatan, ingin menjaga demokrasi dan ingin terus reformasi,” kata Tsai pada Jumat malam.

sumber : AP

Artikel ini telah tayang di republika.co.id

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -