Prabowo Minta Pindah Ibu Kota Diteliti, Sandiaga Ingin Konsep Hati-hati

Jakarta
Wacana pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memindahkan Ibu Kota dari Jakarta ke Pulau Kalimantan mendapat atensi dari lawan politiknya di Pilpres 2019, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. Prabowo meminta wacana tersebut diteliti, Sandi menekankan konsep tersebut harus diterapkan secara hati-hati.

Prabowo Subianto menyebut rencana pemindahan ibu kota negara merupakan perjuangan Partai Gerindra, partai yang diketuainya, sejak 2014. Namun, dia menegaskan pemindahan ibu kota perlu penelitian yang baik.

“Pemindahan ibu kota sudah perjuangan Gerindra lama, dari 2014 sudah berjuang pemindahan ibu kota. Tapi tentu pindah ibu kota perlu penelitan yang baik, tempat di mana bisa diterima semua pihak, dan biaya juga tidak ringan,” kata Prabowo seusai upacara peringatan HUT RI di kantor DPP Gerindra, Jalan Harsono RM, Jakarta Selatan, Sabtu (17/8/2019).



Meski begitu, Prabowo tidak menyebutkan daerah yang terbaik untuk menjadi ibu kota negara berikutnya. Menurut dia, pencarian lokasi harus dibahas oleh para pakar.

“Cari yang terbaiklah. Harus dicari, cari pakar dan konsensus yang baik,” ucap dia.

Sementara itu, Sandiaga Uno meminta masyarakat ikut mengkritik rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan. Hal ini disampaikan Sandi saat bertemu dengan Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (API).

Artikel ini telah tayang di detikNews

Related Posts