Must Read

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Jakarta – Ajang International Tour de Banyuwangi Ijen 2019 tuntas seiring berakhirnya etape keempat di kaki Gunung Ijen, Banyuwangi. Ajang ini kembali menuai pujian besar.

Pujian-pujian itu hadir dari commissaire (juri) dari Federasi Sepeda Dunia (UCI). Salah satunya diungkapkan Chief Commissaire Peter Tomlinson asal Australia, yang sudah dua kali terlibat di ITdBI.

Peter senang melihat ajang ini digarap dengan rapi dan diikuti pebalap-pebalap dari berbagai benua.

“Ini lomba yang sangat wonderful. Menurut saya, event ini masuk sepuluh terbaik dunia, sudah semakin memenuhi standar terbaik dunia,” kata Tomlinson saat menyampaikan kesannya di sela awarding pada para pemenang ITdBI, Sabtu (28/9/2019).
ITdBI sendiri merupakan agenda tahunan balap sepeda 2.2 yang digelar Banyuwangi sejak 2012. Ajang ini telah masuk agenda resmi kompetisi UCI, dengan tahun ini diikuti oleh 19 tim yang diperkuat para pebalap dari 23 negara.

Karen O’Challaghan, commissaire asal Australia yang baru pertama kali ke Banyuwangi, terkesan dengan animo masyarakat terhadap perlombaan ini.

“Anak-anak begitu bersemangat dan ceria menyambut kehadiran kami. Juga warga-warga lainnya. Hal ini jarang ditemui di balapan sepeda di negara lainnya. Tidak akan bosan datang ke Banyuwangi,” kata Karen.

Para pebalap juga membawa pulang kesan positif dari ajang ini. Mulai dari penyelenggaraan, keramahan masyarakat, dan pemandangan di rute balapan.

Selain dari para commissaire, para pebalap yang bertarung di ITdBI juga mengacungkan jempol pada penyelenggaraannya. Seperti yang diungkapkan Robbie Hucker Pebalap Ukyo Jepang peraih Yellow Jersyey ITDBI.

“Banyuwangi adalah tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi, termasuk ikut balap sepeda di sini. Orang-orangnya di sini menyenangkan. Race dirancang dan diorganisasi dengan baik. Semua yang ada di sini memberikan semangat bagi kami selama bertanding,” ujar Robbie Hucker, Pebalap Ukyo Jepang peraih Yellow Jersyey ITDBI.

“Meskipun rute Ijen ini berat, saya tetap ingin bertanding kembali di sini,” kata Kakeru Omai, pebalap tim Aisan Jepang yang memenangkan etape ketiga.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku cukup puas dengan penyelenggaraan ITdBI tahun ini. Ia berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan membantu memuluskan acara.

“Ini adalah sukses bagi semua warga. Pemkab, TNI, Polri, tokoh masyarakat dan semua warga bekerja sinergis untuk membuat kompetisi ini berjalan dengan baik. Ini kebanggaan bagi seluruh rakyat Banyuwangi, sekaligus suntikan semangat untuk terus menggelar event yang lebih berkualitas ke depan,” kata Anas.

Simak Video “25 Negara Siap Ramaikan Tour de Banyuwangi”
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)

Artikel ini telah tayang di detikNews

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest News

Elektabilitas Prabowo-Anies Tinggi, Cocok Jadi Capres-Cawapres

VIVA – Nama Prabowo Subianto dan Anies Baswedan semakin populer. Berdasarkan berbagai hasil survei, Prabowo dan Sandi memiliki elektabilitas tinggi dalam...

Ibu Cristiano Ronaldo Kabarnya Dilarikan ke RS Akibat Stroke

Madeira - Kabar kurang menyenangkan datang dari Cristiano...

Ancaman Stigmatisasi di Balik Penyebaran Data Pribadi Pasien Corona

Jakarta - Identitas baik nama, foto maupun alamat lengkap dua pasien yang disebut positif terinfeksi...

Alasan Klopp Tak Mengamuk Ketika Liverpool Kalah

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mengungkapkan alasan tidak selalu marah apalagi mengamuk ketika timnya menderita kekalahan. Klopp yakin para pemainnya bisa kembali tampil...
- Advertisement -

More Articles Like This

- Advertisement -