Rincian 700 Gol Ronaldo

Rincian 700 Gol Ronaldo

Jakarta, CNN Indonesia — Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo berhasil menggenapi catatan gol miliknya menjadi 700 lewat gol ke gawang Ukraina. Berikut rincian 700 gol CR7.

Ronaldo adalah sukses menembus level elite pemain-pemain yang mampu mencetak 700 gol atau lebih. Sebelumnya, hanya ada lima pemain yang mampu melakukannya yaitu Josef Bican (Austria), Pele (Brasil), Romario (Brasil), Ferenc Puskas (Hungaria/Spanyol), dan Gerd Muller (Jerman).

Berikut rincian 700 gol yang dicetak oleh Ronaldo:

Sporting Lisbon (5 gol)

Ronaldo memulai debut profesional di Sporting Lisbon. Di klub ini, Ronaldo masih berperan sebagai pemain sayap. Ronaldo dikenal lewat aksi dribble dan step over yang membuat ia terlihat lincah.

Sebagai seorang pemain debutan yang hanya bermain satu musim, torehan lima gol untuk seorang gelandang sudah cukup memuaskan.

Manchester United (118 gol)

Kehadiran Ronaldo di Manchester United sudah menyita perhatian karena ia dibeli dengan harga mahal untuk ukuran seorang pemain muda. Begitu tiba di MU, Ronaldo diplot sebagai pengganti David Beckham yang pindah ke Real Madrid.

Gaya main Ronaldo dan Beckham sangat berbeda. Bila Beckham dikenal dengan umpan silang yang akurat, Ronaldo lebih menunjukkan kelincahan di sisi lapangan.




Cristiano Ronaldo awalnya jadi pemain sayap di MU. ( AFP PHOTO / NICOLAS ASFOURI)



Tiga musim perdana di MU, catatan gol Ronaldo terbilang standar, tajam untuk ukuran seorang gelandang. Namun sejak musim 2006/2007, Ronaldo didorong untuk bermain lebih ke depan.

Transformasi posisi ini membuat Ronaldo menunjukkan insting hebatnya sebagai mesin gol. Ia mencetak 23 gol di 2006/2007, 42 gol di 2007/2008, dan 26 gol di 2008/2009. Ronaldo juga sempat meraih sepatu emas di musim 2007/2008.

Ronaldo meninggalkan MU dengan koleksi 118 gol dan berlabel sebagai pemain termahal di dunia ketika bergabung ke Real Madrid.
[Gambas:Video CNN]
Real Madrid (450 gol)

Ronaldo datang ke Real Madrid pada usia 24 tahun dan sudah ada di level terbaik dalam kariernya. Ronaldo di Real Madrid adalah mesin gol tajam yang punya rataan gol di luar nalar penikmat sepak bola.

Ronaldo mencetak 33 gol di musim perdana dan kemudian selalu membukukan lebih dari 40 gol di delapan musim berikutnya. Ronaldo menjelma jadi mesin gol andalan Los Blancos dalam hampir satu dekade terakhir.




Cristiano Ronaldo jadi mesin gol mematikan di Real Madrid. (AFP PHOTO / GABRIEL BOUYS)



Berbagai gelar bergengsi, termasuk empat trofi Liga Champions, diraih Ronaldo bersama Real Madrid seiring dengan kehebatannya di depan gawang lawan. CR7 memilih mengakhiri kariernya di Real Madrid usai mencetak 450 gol.

Juventus (32 gol)

Ronaldo memilih untuk pergi ke Juventus meski ia masih sangat diandalkan Real Madrid. Ronaldo ingin merasakan tantangan baru dalam hidupnya dan memilih Juventus di Liga Italia.

Catatan gol Ronaldo menurun di Juventus karena proses adaptasi yang ia jalani. Meski demikian, Ronaldo mampu mencetak 28 gol di musim perdana plus empat gol di musim ini.







Portugal (95 gol)

Ronaldo terbilang konsisten mencetak gol utnuk Portugal sejak menjalani debut di tahun 2003. Selain tahun pertama,Ronaldo minimal mencetak satu gol untuk Portugal setiap tahunnya.

Ronaldo sudah mencetak tujuh gol di tahun 2004 dan catatan terbaik Ronaldo adalah di tahun 2016 saat ia mencetak 13 gol.

Di tahun 2019, produktivitas Ronaldo di Portugal belum menurun. Ronaldo sudah mencetak 10 gol dan berpeluang melewati catatan di tahun 2016 karena masih ada dua laga timnas Portugal di bulan November. (ptr)

Artikel ini telah tayang di CNN Indonesia

Related Posts